Netral English Netral Mandarin
banner paskah
04:43wib
KontraS menyatakan selama 100 hari kepemimpinan Jenderal Listyo, kondisi penegakan hukum dan HAM yang dilakukan oleh kepolisian tak kunjung membaik. Pemerintah Nepal tengah kelabakan karena jumlah kasus infeksi virus corona di negara itu melonjak 57 kali lipat, akibat penyebaran virus jenis mutasi dari India.
Heboh Pujian Mantan Wali Kota Toronto Kanada Usai Terpukau Pidato Gubernur Anies, Netizen: Belum aja Ketipu...

Senin, 19-April-2021 18:10

Gubernur Anies Baswedan
Foto : Istimewa
Gubernur Anies Baswedan
5

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pidato Gubernur Anies Baswedan di PBB mendapat simpati banyak pihak, di antaranya Mantan Wali Kota Toronto, Kanada. Ia pun berikan pujian kepada Anies.

Lucunya, di Indonesia, selain berikan apresiasi, masih saja ada netizen yang mencibir pujian itu. Bahkan ada yang menyebut, “belum aja ketipu.”

Hal ini seperti tercermin di akun FB Mak Lambe Turah, Senin (19 April 2021).

MLT: “Ehemmmmm.........”

Radythia: “Tu walikota toronto belum aja ketipu.”

Ridwan Siregar: “Wajar aja mantan wali kota toronto memuji anies, wali kota tersebut kan nggak tinggal di indonesia, jd dia nggak tahu bagaimana cara kerja anies.”

Yopi Saputra: “Malu kaloo diceritain..”

Sebelumnya diberitakan, Mantan Wali Kota Toronto Kanada David Miller menyanjung Gubernur DKI Anies Baswedan dalam acara Dialogue Between C40 Mayors and UN Secretary General-Advancing Carbon Neutrality and Resilent Recovery for Cities and Nations yang digelar secara virtual Jumat (16/4/2021) malam.

David Miller kala itu menjadi moderator pertemuan secara virtual tersebut. Dia meminta Anies memaparkan gagasan terkait dengan isu yang akan dibahas.

"Saya ingin mengundang Wakil Ketua Dewan Pengarah Jejaring C40 lainnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Anda memiliki dua menit untuk memberikan usulan," kata David.

Anies kemudian memberikan usulan langsung kepada Sekjen Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Gutteres.

Anies memberikan tiga usulan kepada PBB agar bisa mendukung program pengurangan emisi karbon yang dilakukan oleh forum C40 kota-kota besar di dunia.

"Izinkan saya untuk mengutarakan beberapa bantuan yang dibutuhkan oleh kota-kota dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)," kata Anies menggunakan bahasa Inggris.

Anies mengatakan, PBB memiliki peran yang besar untuk membantu kota-kota di dunia. Pertama, PBB dapat mendorong negara-negara untuk mengakui pencapaian aksi iklim yang dilakukan pada tingkat kota dan itu perlu dihitung sebagai bagian dari National Determined Contribution (NDC) dari aksi iklim.

Usulan kedua Anies untuk PBB, Anies menilai PBB memiliki kapasitas dan mampu meminjamkan tangannya untuk mendorong terjadinya integrasi vertikal dan horizontal pada tingkat aksi serta kebijakan.

"Terakhir, dalam rangka menuju COP 26, PBB dapat pula mendukung negara-negara untuk mengembangkan arsitektur dan struktur pendanaan yang komprehensif untuk menerjemahkan manfaat-manfaat yang diperoleh pemerintah nasional pada forum global untuk dieksekusi pada level lokal," kata Anies.

Dalam video yang diunggah dalam akun instagram Anies @aniesbaswedan, tiba-tiba suara Sekjen PBB Antonio Gutteres masuk dan meminta interupsi setelah Anies selesai menyampaikan usulannya.

"Kami sepenuhnya mendukung usulan Anda dan siap untuk melakukan yang terbaik dengan organisasi dan tim perwakilan PBB pada berbagai negara untuk sepenuhnya melalui advokasi global dengan para pemerintah untuk melakukan persis seperti yang anda usulkan kepada kami," kata Antonio kepada Anies.

Respons Antonio Gutteres tersebut diapresiasi oleh moderator David Miller.

David juga memberikan pujian kepada Anies karena berhasil memengaruhi PBB dalam waktu dua menit saja.

"Gubernur Baswedan, anda telah berhasil mempengaruhi PBB hanya dalam waktu dua menit, bayangkan apabila Anda mendapatkan waktu empat menit," kata David seperti dilansir Kompas.com.

Reporter : Taat Ujianto
Editor : Taat Ujianto