Netral English Netral Mandarin
banner paskah
06:07wib
KontraS menyatakan selama 100 hari kepemimpinan Jenderal Listyo, kondisi penegakan hukum dan HAM yang dilakukan oleh kepolisian tak kunjung membaik. Pemerintah Nepal tengah kelabakan karena jumlah kasus infeksi virus corona di negara itu melonjak 57 kali lipat, akibat penyebaran virus jenis mutasi dari India.
Puasa Bisa Sebabkan Dehidrasi, Konsumsi Empat Ragam Minuman ini untuk Mengatasinya

Minggu, 18-April-2021 23:00

Minum susu baik dilakukan untuk menjaga cairan tubuh tetap tersedia di bulan puasa.
Foto : Istimewa
Minum susu baik dilakukan untuk menjaga cairan tubuh tetap tersedia di bulan puasa.
6

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Saat puasa, tubuh umumnya kekurangan cairan. Jika kita tetap rutin berolahraga saat sedang puasa, maka kekurangan cairan itu akan semakin banyak dialami tubuh. Untuk itu, penting untuk mengatur asupan air minum dari saat buka hingga sahur agar tubuh tidak mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. 

Seperti diketahui, setiap sel, jaringan, dan organ di tubuh membutuhkan air untuk berfungsi. Air diperlukan antara lain untuk membantu mengatur suhu tubuh, melumasi persendian, mengangkut nutrisi, membuang limbah, dan mengedarkan darah. 

Anda bisa mengalami dehidrasi karena berkeringat berlebih, muntah, diare, atau mengonsumsi obat diuretik yang meningkatkan kehilangan cairan. Tanda dan gejala dehidrasi yang bisa dikenali, termasuk: Rasa haus yang meningkat Mulut kering Jarang buang air kecil Kulit kering Kelelahan Pusing Sakit kepala. 

Warna urine juga merupakan indikator umum dari status hidrasi seseorang yang bisa diamani. Pada umumnya, semakin gelap warna urine Anda, maka semakin buruk tubuh Anda terhidrasi. Jika Anda mengkhawatirkan status hidrasi Anda atau orang lain, berikut adalah ragam minuman untuk gantikan cairan tubuh dengan cepat yang bisa Anda konsumsi seperti dilansir dari berbagai sumber: 

1. Air putih 

Meskipun sepertinya tidak mengherankan, minum air putih sering kali memang merupakan cara terbaik dan termurah untuk mengambalikan cairan tubuh yang hilang. Tidak seperti banyak minuman lainnya, air putih tidak mengandung gula atau kalori tambahan, sehingga ideal untuk diminum sepanjang hari atau secara khusus saat Anda perlu rehidrasi, seperti setelah berolahraga.

2. Kopi dan teh 

Dalam jumlah sedang Kopi dan teh mengandung kafein stimulan, yang dapat menyebabkan dehidrasi jika dikonsumsi secara berlebihan karena bertindak seperti diuretik. Tapi, jika diminum dalam jumlah sedang, kopi dan teh dapat menghidrasi tubuh seperti air putih dan berfungsi sebagai alternatif yang memberi energi. 

Kafein menjadi menghidrasi hanya dalam dosis sekitar 250-300 mg atau setara dengan dua hingga tiga cangkir kopi berukuran 240 ml atau lima hingga delapan cangkir teh berukuran 240 ml. 

3. Susu skim dan rendah lemak 

Selain memasok sejumlah nutrisi, susu memiliki sifat menghidrasi yang sangat baik. Susu secara alami mengandung elektrolit konsentrasi tinggi yang dapat membantu menyeimbangkan jumlah air dalam tubuh Anda. 

Protein berkualitas tinggi dalam susu juga berguna untuk mendukung proses perbaikan otot dan membangun kebugaran lagi setelah olahraga. Tapi ingatlah, pada beberapa orang, mengonsumsi susu setelah berolahraga mungkin dapat menyebabkan ketidaknyamanan perut seperti perut kembung. 

Selain itu, susu bukan pilihan yang tepat untuk orang yang tidak toleran terhadap laktosa atau protein susu tertentu. 

4. Larutan oralit 

Larutan hidrasi oral atau oralit adalah formula khusus yang digunakan untuk mencegah dan mengobati dehidrasi terutama yang disebabkan oleh diare atau muntah. Larutan ini berbahan dasar air dan sering kali mengandung elektrolit seperti natrium, klorida, dan kalium, serta gula dalam bentuk dekstrosa. Beberapa larutan oralit juga mungkin mengandung bahan lain seperti prebiotik dan seng. Meskipun minuman rehidrasi ini membantu mengganti cairan dan elektrolit yang hilang, harganya bisa sedikit mahal. Untungnya, Anda bisa membuatnya sendiri menggunakan bahan-bahan dapur umum berikut: 1 liter air 6 sendok teh gula 1/2 sendok teh garam Campurkan dalam mangkuk besar dan aduk sampai gula dan garam larut. 

Selain empat jenis minuman di atas, Anda juga  bisa meminum Air kelapa Air kelapa, dan jus buah atau sayuran untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh sehari-hari maupun saat tengah berpuasa Ramadan saat ini. 

Reporter : Dimas Elfarisi
Editor : Irawan HP