Netral English Netral Mandarin
banner paskah
06:32wib
Pemerintah kembali memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berskala mikro. Kebijakan ini diperpanjang selama 14 hari, terhitung sejak 20 April. Komite Eksekutif UEFA meresmikan format baru untuk kompetisi Liga Champions yang akan mulai digunakan pada musim 2024/2025.
Pimpin Forkabi, Abdul Ghoni Fokus Kembangkan Koperasi

Rabu, 24-Februari-2021 22:42

Abdul Ghoni terpilih sebagai pemimpin dari organisasi kemasyarakatan Forum Komunikasi Anak Betawi (Forkabi) periode 2021-2026
Foto : Istimewa
Abdul Ghoni terpilih sebagai pemimpin dari organisasi kemasyarakatan Forum Komunikasi Anak Betawi (Forkabi) periode 2021-2026
19

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Penasehat Fraksi Gerindra DPRD DKI Jakarta Abdul Ghoni resmi terpilih sebagai pemimpin dari organisasi kemasyarakatan Forum Komunikasi Anak betawi (Forkabi) untuk periode kepengurusan lima tahun 2021-2026.

Dalam masa kepemimpinannya, Abdul Ghoni mengatakan pihaknya akan berfokus dalam pengembangan koperasi yang dikelola oleh anggota Forkabi ke seluruh cabang yang tersebar di 13 kabupaten dan kota di seluruh Jabodetabek.

"Dalam lima tahun ini kami akan berfokus dalam mengembangkan kapasitas SDM dan perekonomian anggota Forkabi, salah satunya dengan mengembangkan koperasi ke seluruh cabang di Jabodetabek," kata Abdul Ghoni di Jakarta, Rabu (24/2/2021).

"Tujuannya yang pertama adalah kesejahteraan anggota kemudian masyarakat, jangan sampai kita sebagai penonton di kampung kita, tapi bagaimana untuk jadi pelaku di kampungnya," sambungnya.

Baca Juga :

Koperasi ini, nantinya akan bergerak di berbagai sektor mulai dari simpan pinjam, pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi di cabang-cabang tersebut.

"Dengan berbagai macam produk, misal kuliner khas Betawi, batik Betawi, dan yang penting kan ini harus gigih dalam pemasaran," ujar dia.

Disisi lain, lanjut Abdul Ghoni, Forkabi juga harus memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni untuk menjalankan koperasi yang akan dikembangkan tersebut, karenanya dia menekankan pada pengurus anggota Forkabi di daerah untuk bisa berkolaborasi dengan pemerintah daerah setempat untuk juga turut membangun perekonomian di daerahnya.

Saat ini, sebut Abdul Ghoni, koperasi di Forkabi yang sudah berjalan baru ada di 10 kecamatan yang ada di Jakarta Selatan dengan bergerak dalam bidang pengembangan kuliner, usaha perbengkelan dan lainnya.

"Koperasi ini akan kita kembangkan dari yang 10 kecamatan di Jaksel ke 13 wilayah kota kabupaten se-Jabodetabek. Karenanya kami kolaborasikan ini melibatkan pemda setempat. Oleh karena itu saya minta anggota yang sudah menikmati harus mengembangkan terus dengan berantai memberikannya pada yang lain agar peran Forkabi ini juga selain berdampak pada anggotanya, juga pada masyarakat secara umum," ucap Abdul Ghoni.

Abdul Ghoni dipastikan memimpin ogranisasi Forkabi setelah secara bulat terpilih dalam Musyawarah Besar (Mubes) DPP Forkabi pada 20-21 Februari 2021 di Sentul, Bogor, yang digelar secara terbatas dihadiri 50 orang dengan protokol kesehatan dan diikuti oleh pengurus di 34 titik secara virtual.

"Setelah pembahasan materi, revisi AD/ART organisasi yang dilakukan secara baik dan alhamdulillah jam lima sore sudah selesai. Menghasilkan keputusan memilih Ketua Umum Forkabi lima tahun ke depan dengan saya dipercaya untuk memimpin," kata Abdul Ghoni. 

Reporter : Wahyu Praditya P
Editor : Nazaruli