Netral English Netral Mandarin
banner paskah
01:07wib
Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan menggunakan 17 titik periksa yang sebelumnya disiapkan untuk pengamanan mudik sebagai pos pemeriksaan Surat Izin Keluar-Masuk. Dua hari ke depan diperkirakan akan terjadi lonjakan masyarakat yang nekat mudik Idulfitri 2021.
Sandiaga Pastikan Penyelenggaraan Acara Sudah Bisa Dilakukan Asal Jaga Ketat Protokol Kesehatan

Minggu, 11-April-2021 03:30

Sandiaga Uno, Menparekraf.
Foto : Kemenparekraf
Sandiaga Uno, Menparekraf.
17

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyebut berbagai acara sudah mulai bisa digelar kembali seiring penerapan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin.

Sandiaga mengatakan pihaknya menggelar dan meluncurkan program Kharisma Event Nusantara (KEN) 2021 sebagai upaya membangkitkan industri pertunjukan Indonesia.

“Kharisma Event Nusantara ini adalah salah satu adaptasi di tengah pandemi terhadap penyelenggaraan acara yang akan kita lakukan di 2021 dengan bingkai protokol kesehatan yang ketat dan disiplin,” katanya di Jakarta, Sabtu (10/4/2021) malam .

Penyelenggaraan KEN menjadi tanda dan pesan yang dikirimkan bahwa penyelenggaraan acara di Indonesia sudah mulai dapat dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin.

KEN mewadahi berbagai acara yang digelar di daerah mulai dari tingkat provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, bahkan hingga tingkat desa.

Ia menjelaskan, kegiatan selama dilakukan dengan protokol kesehatan berbasis CHSE (“Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability”) serta koordinasi dengan aparat setempat maka dapat mulai dihadirkan kembali untuk menggeliatkan ekonomi khususnya pada bisnis event yang selama satu tahun nyaris tidak bergerak.

“KEN ini juga memberikan panduan kepada para penyelenggara acara terkait mekanisme dan prosedur dalam menyelenggarakan event yang sesuai dengan protokol kesehatan,” katanya.

Mulai 10 April 2021 bersamaan peluncuran KEN, pihaknya akan mendampingi pelaksanaan acara di seluruh pelosok nusantara agar ekonomi rakyat bergerak seiring dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin.

“Ini bentuk keseimbangan yang kami hadirkan dalam KEN,” katanya.

Menparekraf menyatakan optimismenya bahwa KEN 2021 bisa menjadi lokomotif akan perekonomian masyarakat bisa kembali bergerak.

“Kita ingin mengirimkan pesan yang jelas dan tegas bahwa sebuah kegiatan bukan pemicu penularan COVID-10 tapi dengan protokol kesehatan yang ketat, acara bisa diselenggarakan kembali,” katanya, seperti dilansir Antara.

Pihaknya mencatat lebih dari 30 juta orang di Tanah Air yang menggantungkan hidupnya pada sektor pariwisata dan diharapkan melalui KEN ini bisa memberikan panduan dan sinyal bahwa industri pertunjukan dapat mulai bergerak.

Pemerintah sudah memberikan lampu hijau yang berarti bahwa dunia usaha, komunitas, institusi pendidikan, dan media bisa turut menyosialisasikan bahwa pertunjukan sudah mulai bisa digelar seiring penerapan protokol kesehatan.

 

Reporter :
Editor : Irawan HP