Netral English Netral Mandarin
banner paskah
09:11wib
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem mulai Rabu (14/4) hingga Kamis (15/4). Cuaca ekstrem ini diakibatkan Siklon Tropis Surigae. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyebut semua komponen utama yang digunakan dalam pengembangan Vaksin Nusantara diimpor dari Amerika Serikat.
Petani Pisang Tanggamus Dapat 5 Ton dari Lahan 0,5 Hektare Sekali Panen, Dijual Rp2.500 per Kg

Senin, 01-Maret-2021 23:50

Ilustrasi Pisang Mas.
Foto : Twitter @Barantan_RI
Ilustrasi Pisang Mas.
19

TANGGAMUS, NETRALNEWS.COM - Produksi pisang petani yang tergabung dalam sejumlah kelompok tani di Kabupaten Tanggamus mencapai 4-5 ton dalam satu kali panen dengan luas lahan 0,5 hektare. 

"Kami dapat hasil produksi sebesar itu dikelola secara bersama oleh masyarakat petani di bawah binaan perusahaan yang bergerak di bidang hasil buah-buahan," kata Suroto, salah seorang pengelola kebun pisang, di Tanggamus, Senin (1/3/2021). 

Dijelaskannya, bahwa dengan jarak tanam 1 meter dan jumlah tanaman sebanyak 700 batang, kebun seluas 0,5 ha mampu memproduksi buah pisang siap panen sebanyak 4 hingga 5 ton dalam satu kali panen.

Perlu waktu 7 bulan dari mulai tanam hingga mencapai buah siap panen dengan kapasitas produksi mencapai 4 sampai 5 ton dalam satu kali panen, kata Suroto.

Ia juga mengungkapkan, jenis pisang yang menjadi komoditas unggulan perkebunan di Tanggamus ini, yaitu jenis pisang Mas dengan harga jual ditingkat petani yang mencapai 2.500/kg. 

"Selain disukai pedagang dan konsumen, dengan rasanya yang lebih enak dibandingkan jenis lain, kualitas dan ketahanannya juga baik," tambahnya.

Mujianto, pengelola Kelompok Tani Arjuna, mengungkapkan bahwa tempat pengelolaan pisang yang ada di Kabupaten Tanggamus ini mampu mengelola buah pisang setiap harinya dengan kapasitas sebesar 3 ton.

"Kami mendapatkan pasokan buah dari wilayah disekitar dan kemudian dilakukan pengolahan hingga siap jual, adapun pasar untuk komoditas pisang ini adalah wilayah Jakarta," ujarnya seperti dilansir Antara. 

Reporter : Irawan HP
Editor : Irawan HP