Netral English Netral Mandarin
banner paskah
15:41wib
Pengadilan Negeri (PN) Surabaya menolak gugatan pedangdut Rhoma Irama sebesar Rp1 miliar melawan PT Sandi Record. Komisi IX DPR akan memanggil Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI yang masih mengizinkan Vaksin AstraZeneca untuk digunakan di Indonesia.
Perlancar Persalinan atau Bikin Keguguran? Inilah Fakta Mengenai Rumput Fatimah

Sabtu, 03-April-2021 14:00

Rumput fatimah tak masalah dikonsumsi ibu hamil.
Foto : Dedaunan
Rumput fatimah tak masalah dikonsumsi ibu hamil.
7

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Banyak yang menyarankan jika sedang hamil sebaiknya banyak mengonsumsi rumput fatimah. Namun, ada kejadian buruk yang dialami ibu hamil kemudian keguguran lantaran kebanyakan mengonsumsi rumput fatimah. 

Sebenarnya, apakah manfaat dan bagaimana risiko jika kebanyakan mengonsumsi makanan tersebut?

Sudah dikenal secara turun-temurun, rumput fatimah atau dalam bahasa Latin disebut sebagai Labisia pumila ini disebut-sebut bisa membantu mempercepat proses persalinan. Fungsinya adalah untuk memicu atau mempercepat laju kontraksi rahim. Inilah alasan mengapa rumput fatimah diyakini bisa mempercepat persalinan,

Rumput fatimah adalah salah satu bahan tradisional yang dikenal mampu melancarkan persalinan. Banyak yang menjualnya dalam bentuk kapsul, teh, kopi, bahkan minuman kaleng. Padahal, hingga kini belum ada studi ilmiah yang membenarkan bahwa rumput fatimah dapat melancarkan persalinan.

Rumput fatimah atau Labisia pumila dikenal juga dengan nama Kacip Fatimah di negara asalnya, Malaysia. Tak hanya untuk kehamilan, terkadang rumput fatimah juga digunakan untuk meningkatkan gairah seksual hingga meredakan gejala menopause.

Di Malaysia, rumput fatimah termasuk satu dari lima tanaman herbal yang paling banyak digunakan, termasuk dikonsumsi oleh ibu hamil jelang persalinan untuk melancarkan prosesnya. Namun, tanaman ini juga disebut-sebut dapat meningkatkan risiko keguguran?

Dilansir dari laman sehatq, benarkah rumput fatimah lancarkan persalinan sekaligus picu keguguran?Masih banyak anggapan bahwa rumput fatimah benar-benar manjur untuk melancarkan persalinan, meskipun belum ada studi ilmiah terkait hal tersebut. Sebelum mengonsumsinya, ada beberapa efek samping rumput fatimah yang perlu Anda ketahui, yakni:

Kontraksi rahim

Mengonsumsi rumput fatimah memang dapat menyebabkan rahim berkontraksi. Namun, kontraksi yang terjadi tidak teratur dan tidak dapat diperkirakan.Pada kehamilan risiko tinggi, bisa jadi hal ini memicu terjadinya persalinan mendadak sebelum waktunya. Itulah sebabnya konsumsi rumput fatimah tidak disarankan terutama jika usia kehamilan belum menginjak 38-39 minggu.

Reaksi dengan obat lain

Selain memicu kontraksi uterus, ada kemungkinan rumput fatimah bereaksi negatif dengan obat atau suplemen ibu hamil lain yang dikonsumsi. Hingga kini, penelitian belum merilis apa saja kandungan suplemen yang bertentangan dengan kandungan rumput fatimah, sehingga sebaiknya dihindari.

Perdarahan

Reaksi ketika mengonsumsi rumput fatimah bagi setiap ibu hamil tentu berbeda. Bahkan, bisa saja kadar senyawa kimia dalam rumput fatimah menyebabkan perdarahan dan menghambat aliran oksigen ke janin.

Kandungan tidak jelas

Selain beberapa efek samping di atas, rumput fatimah juga tidak direkomendasikan karena tidak jelas apa saja kandungan aktif di dalamnya. Baik bagian akar, batang, maupun daun, tidak diketahui apa dan berapa banyak kandungan aktif. Hal ini berbeda dengan obat seperti induksi yang dosisnya bisa diukur dengan jelas.Melihat berbagai macam efek samping di atas, sebaiknya Anda menghindari konsumsi rumput fatimah sebelum berkonsultasi dengan dokter.

Rumput fatimah bisa menyebabkan kontraksi. Selain kelahiran prematur, hal ini juga bisa menyebabkan keguguran jika dikonsumsi saat usia kehamilan masih dini. Pastikan Anda mengonsumsi herbal apabila dokter kandungan Anda telah menyetujuinya.

Adakah manfaat rumput fatimah untuk kesehatan?Walau rumput fatimah mungkin saja berisiko menyebabkan keguguran atau kelahiran prematur pada ibu hamil, tanaman ini tetap memiliki manfaat lain untuk kesehatan.Beberapa manfaat rumput fatimah yang bisa Anda petik jika dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kesehatan, antara lain:

Menangkal radikal bebas

Menurut penelitian, kandungan antioksidan yang ditemukan di dalam rumput fatimah seperti, flavonoid, asam askorbat, beta-karoten, anthocyanin, dan senyawa fenolik baik untuk kesehatan. Betakaroten dalam rumput fatimah terbukti mampu menghambat efek radikal bebas di dalam tubuh, serta flavonoid mamou mencegah terjadinya penyakit kronis seperti osteoporosis, rematik, dan penyakit lainnya yang berhubungan dengan stres oksidatif.

Mengurangi risiko osteoporosis pada wanita menopause

Wanita menopause sering kali mengalami masalah kepadatan tulang. Sebuah penelitian menyebut bahwa ekstrak rumput fatimah menunjukkan potensi sebagai obat untuk penyakit osteoporosis, rematik, dan masalah fungsi seksual yang dialami oleh wanita.

Rumput fatimah mengandung zat fitoestrogen alami yang dapat digunakan sebagai alternatif terapi estrogen untuk mengatasi masalah osteoporosis yang disebabkan oleh menopause pada wanita. 

Ekstrak rumput fatimah dilaporkan lebih aman daripada terapi estrogen karena tidak ditemukan risiko efek samping yang berarti. Namun, ekstrak ini hanya bisa digunakan dalam dosis yang rendah dan sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsinya.

Konsultasikan dengan dokter bila ingin mengonsumsinya

Hingga saat ini, belum banyak penelitian yang meneliti kandungan rumput fatimah. Hal ini berisiko menyebabkan seseorang mengonsumsi herbal ini tanpa takaran yang jelas.Sebaiknya, Anda berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen herbal ini. 

Terutama, jika Anda tengah hamil, sebaiknya hindari konsumsi rumput fatimah karena beberapa efek sampingnya berpotensi membahayakan janin.Pastikan Anda berkonsultasi kepada dokter kandungan sebelum mengonsumsinya. Selama tidak ada keluhan apa pun pada kehamilan, sebaiknya Anda menunggu bayi terlahir secara alami.

Apabila hingga usia kehamilan 42 minggu bayi belum juga lahir, induksi alami yang disetujui dokter ataupun induksi medis adalah pilihan yang lebih baik ketimbang mengonsumsi rumput fatimah.

Reporter : Sulha
Editor : Sulha Handayani