Netral English Netral Mandarin
banner paskah
18:07wib
Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Inspektur Jenderal Istiono bakal memberi sanksi dua kali lipat kepada personelnya yang kedapatan meloloskan pemudik pada 6-17 Mei 2021 mendatang. Presiden Joko Widodo meminta semua anggota Kabinet Indonesia Maju dan pimpinan lembaga tinggi negara untuk tidak mengadakan acara buka puasa bersama di tengah pandemi virus corona (Covid-19).
Agar Tidur Lebih Pulas dan Berkualitas, Konsumsi Tiga Macam Herbal Ini 

Kamis, 18-Maret-2021 04:00

ilustrasi orang tidur.
Foto : Istimewa
ilustrasi orang tidur.
13

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Herbal passion flower dan akar valerian ternyata cukup manjur untuk memperbaiki kualitas tidur. Kualitas tidur yang biak tentu mendukung terjaganya imunitas dan kesehatan tubuh.

Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI) Dr. (Cand.) dr. Inggrid Tania, M.Si menjelaskan, passion flower bekerja dengan meningkatkan kadar asam gamma-amonibutyric (GABA) di otak yang berfungsi menurunkan over-aktivitas otak sehingga pikiran menjadi lebih rileks dan kualitas tidur membaik.

"Passion flower punya sifat menenangkan dan sedatif serta anti nyeri membantu mengatasi ketegangan syaraf, spasme otot, sakit kepala, neuralgia, gangguan cemas atau ansietas dan insomnia," ujarnya.

Menurutnya, herbal passion flower dapat diseduh menjadi teh dan dianjurkan untuk diminum sebelum tidur.

"Mengonsumsi teh passion flower dalam dosis rendah bermanfaat memperbaiki kualitas tidur," kata dia.

Sementara itu, akar valerian mengandung asam valerenat, asam isovalerat, dan antioksidan yang membantu menenangkan pikiran dan membuat tidur lebih nyenyak.

"Ada penelitian bersifat kuesioner. Dari kuesioner ini terlihat ekstrak akar valerian dapat meningkatkan rasa ngantuk dan memperbaiki kualitas tidur secara signifikan," ucap dia.

Ia juga menyinggung mengenai jahe yang memiliki efek untuk melemaskan otot tegang, anti nyeri, anti radang, merangsang pengeluaran keringat, serta membantu mengatasi gejala masuk angin.

"Pada orang yang memang mengalami gangguan tidur atau kesulitan tidur di malam hari, kan dia sering mengalami gangguan seperti gejala masuk angin, seperti kembung, asam lambung terasa naik, mual, muntah, meriang, demam, nyeri kepala, pegal linu, kaku otot, syaraf tegang, timbul batuk pilek, si jahe ini membantu untuk mengatasi gejala-gejala seperti gejala masuk angin ini," ujar dia.

Lebih lanjut, ia mengatakan, passion flower, valerian, dan jahe dapat dikombinasikan untuk mendapatkan efek yang sinergistik dalam menginduksi tidur, meningkatkan total waktu tidur, memperbaiki kualitas tidur serta membantu mencegah dan mengatasi efek buruk akibat kurang tidur seperti masuk angin dan penurunan imunitas.

Harap diperhatikan, tanaman herbal tersebut tidak diperbolehkan dikonsumsi oleh ibu hamil karena dapat memicu kontraksi pada rahim.

"Jadi mohon dihindari saja pada ibu hamil. kalau ibu menyusui itu tergantung, belum banyak penelitiannya. Kalau ibu menyusui konsultasi dulu ke dokternya masing-masing," ujar dr. Inggrid, seperti dilansir Antara.

 

Reporter :
Editor : Irawan HP