Netral English Netral Mandarin
banner paskah
01:54wib
Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan menggunakan 17 titik periksa yang sebelumnya disiapkan untuk pengamanan mudik sebagai pos pemeriksaan Surat Izin Keluar-Masuk. Dua hari ke depan diperkirakan akan terjadi lonjakan masyarakat yang nekat mudik Idulfitri 2021.
Pentingnya Tetap Berolahraga saat Bulan Ramadan

Jumat, 16-April-2021 15:15

Olahraga saat puasa tetap dianjurkan untuk menjaga kebugaran tubuh
Foto : istockphoto.com
Olahraga saat puasa tetap dianjurkan untuk menjaga kebugaran tubuh
9

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Melakukan aktivitas fisik seperti mengepel, jalan kaki atau menyetrika disarankan para pakar kesehatan termasuk di bulan Ramadhan untuk kesehatan Anda. Namun untuk mendapatkan bonus kebugaran, Anda perlu juga melakukan latihan fisik atau olahraga.

Dokter spesialis kedokteran olahraga dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Andhika Raspati mengatakan, bugar itu lebih dari sekedar sehat. Anda tidak mudah ngos-ngosan, otot-otot Anda pun tak mudah loyo. Penelitian menunjukkan tubuh yang bugar bisa membantu Anda terhindar dari berbagai penyakit dan menurunkan risiko Anda terkena penyakit jantung dan diabetes.

"(Menjaga) komposisi tubuh tetap optimal, otot enggak kempes sehingga masuk lebaran ketemu nastar, opor, otot masih tinggi alhasil metabolisme enggak jadi rendah, enggak gampang gemuk lagi. Tetapi pertimbangkan jaga porsi," kata Andika seperti dilansir Antara, Jumat (16/4/2021).

Namun, seperti yang telah Andhika utarakan sebelumnya, pertimbangkan durasi dan waktu latihan Anda. Untuk durasi, dokter spesialis kedokteran olahraga sekaligus staf pengajar di Departemen Ilmu Kedokteran Komunitas FKUI, Listya Tresnanti Mirtha menyebutkan durasi 10-15 menit setelah sahur atau 30 menit menjelang waktu berbuka puasa, dengan frekuensi tiga kali dalam satu minggu.

"Intesitas latihan juga lebih ringan dari biasanya, waktu dibuat lebih singkat dan jenis latihan diutamakan yang bersifat aerobik," ujar dia.

Saat berpuasa, kadar gula darah dan glikogen menurun. Tubuh membutuhkan waktu beradaptasi penggunaan zat lemak sebagai sumber energi dari yang semula memanfaatkan gula.

Di sisi lain, kadar cairan tubuh juga menipis dan jam tidur berubah karena Anda harus bangun sahur. Perhatikan asupan cairan Anda, setidaknya 2 liter atau 8 gelas per hari yang bisa dibagi sejak berbuka puasa hingga menjelang imsak.

Tak hanya menjaga kebugaran fisik, melakukan latihan fisik atau olahraga saat Ramadhan juga diharapkan berdampak positif pada kesehatan mental.

Reporter : Dimas Elfarisi
Editor : Irawan HP