Netral English Netral Mandarin
banner paskah
14:20wib
Pengadilan Negeri (PN) Surabaya menolak gugatan pedangdut Rhoma Irama sebesar Rp1 miliar melawan PT Sandi Record. Komisi IX DPR akan memanggil Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI yang masih mengizinkan Vaksin AstraZeneca untuk digunakan di Indonesia.
Peneliti Ohio State University Temukan Listrik Bisa Bantu Luka Cepat Sembuh

Selasa, 23-Maret-2021 12:00

Ilustrasi pembuluh darah.
Foto : pixabay
Ilustrasi pembuluh darah.
5

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Rangsangan listrik yang stabil ternyata dapat meningkatkan kemampuan untuk meloloskan partikel atau permeabilitas di seluruh pembuluh darah. Artinya, hal itu dapat membantu zat penyembuh luka dalam darah mencapai luka dengan lebih efisien.

Dengan demikian, diyakini sebuah luka akan sembuh lebih cepat. Fakta itu ditemukan oleh Tim ilmuwan di Ohio State University. 

Diketahui bahwa pembuluh darah sangat penting untuk penyembuhan luka di mana pembuluh darah mengalir ke seluruh tubuh Anda, membawa nutrisi, sel, dan bahan kimia yang dapat membantu mengendalikan peradangan yang disebabkan oleh cedera.

Oksigen dan sel darah putih, yang melindungi tubuh dari serangan, adalah dua komponen utama yang dikirim oleh pembuluh darah.

Namun bila terjadi cedera, arsitektur pembuluh darah di lokasi luka terganggu. Itu juga mengganggu kemampuan pembuluh darah untuk membantu menyembuhkan luka.

Pembuluh darah tumbuh kembali dengan sendirinya, hampir seperti cabang pohon, tanpa sumber listrik dari luar, sebagai bagian dari proses penyembuhan.

“Dan saat pembuluh darah mulai tumbuh, mereka mengisi kembali kulit dan sel serta membentuk penghalang penyembuhan lagi,” ujar Dr. Shaurya Prakash, seorang peneliti di Departemen Teknik Mesin dan Dirgantara dan Pusat Kanker Komprehensif di Universitas Negeri Ohio, seperti dikutip dari sci-news.com, Selasa (23/3/2021).

“Tapi pertanyaan kami adalah: Bagaimana Anda membuat proses ini lebih baik dan lebih cepat, dan apakah ada manfaatnya melakukan itu?”

Dalam tes laboratorium yang dilakukan dengan menggunakan sel manusia, para peneliti menemukan bahwa menstimulasi pembuluh darah dengan listrik menunjukkan peningkatan yang nyata pada permeabilitas pembuluh darah, yang merupakan penanda fisik yang menunjukkan kemungkinan pertumbuhan pembuluh darah baru.

Studi tersebut menunjukkan bahwa perubahan permeabilitas pembuluh darah dapat membawa sel-sel darah tersebut ke lokasi luka lebih cepat, meskipun tidak menjelaskan alasan mengapa hal itu terjadi.

Tampaknya menunjukkan bahwa listrik memengaruhi protein yang menahan sel-sel pembuluh darah, tetapi hasil tersebut tidak konklusif.

“Penemuan awal ini sangat menarik, dan tahap pekerjaan berikutnya akan meminta kami untuk mempelajari apakah dan bagaimana kami benar-benar dapat menumbuhkan kapal baru,” kata Dr. Prakash.

“Hasilnya menyiratkan bahwa salah satu cara utama pembuluh darah bekerja untuk menyembuhkan luka adalah dengan membiarkan molekul dan sel bergerak melintasi dinding pembuluh,” kata Dr. Jon Song, juga dari Departemen Teknik Mesin dan Dirgantara dan Kanker Komprehensif Pusat di Universitas Negeri Ohio.

"Dan sekarang kami memiliki pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana stimulasi listrik dapat mengubah permeabilitas di seluruh dinding pembuluh."

Katakanlah Anda memiliki luka kulit, seperti potongan kertas, dan pembuluh darah Anda terputus dan itulah sebabnya darah Anda bocor.

“Yang Anda butuhkan adalah sekumpulan sel darah untuk datang ke tempat itu dan keluar dari pembuluh darah untuk memulai perbaikan luka.”

Reporter : Dimas Elfarisi
Editor : Irawan HP