Netral English Netral Mandarin
banner paskah
06:06wib
KontraS menyatakan selama 100 hari kepemimpinan Jenderal Listyo, kondisi penegakan hukum dan HAM yang dilakukan oleh kepolisian tak kunjung membaik. Pemerintah Nepal tengah kelabakan karena jumlah kasus infeksi virus corona di negara itu melonjak 57 kali lipat, akibat penyebaran virus jenis mutasi dari India.
Pencernaan Bermasalah Saat Puasa Ramadan, Mungkin Kamu Kurang Konsumsi Makanan Ini

Jumat, 16-April-2021 06:00

Sayuran Hijau salah satu sumber makanan berserat yang baik dikonsumsi
Foto : klikdokter
Sayuran Hijau salah satu sumber makanan berserat yang baik dikonsumsi
4

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Ibadah puasa selalu dinanti umat muslim di seluruh dunia, termasuk di Indonesia yang merupakan negara dengan umat muslim terbesar di dunia. Namun, sering kali timbul masalah kesehatan utamanya di pencernaan karena salah mengkonsumsi makanan saat buka puasa atau sahur. 

Padahal, kesehatan yang baik dapat dipertahankan dengan mengonsumsi nutrisi yang cukup saat makan buka atau sahur.  Salah satu menu makanan yang baik dikonsumsi saat menjalankan ibadah puasa adalah makanan kaya serat.

Hal tersebut dapat membuat tubuh lebih kuat untuk menahan haus dan lapar dalam waktu yang lama. Berikut adalah beberapa makanan yang kaya akan serat. Berikut beberapa makanan kaya serat yang dapat kamu konsumsi untuk menjaga kesehatan pencernaan selama Bulan Ramadan seperti dilansir dari berbagai sumber;

Sayur-Sayuran Hijau

Sayur-sayuran hijau memang kaya akan kandungan serat yang baik untuk tubuh dan pencernaan. Cobalah untuk mengonsumsi sayuran ketika sahur dan berbuka puasa yang dapat menyehatkan tubuh. Beberapa sayuran hijau yang dapat kamu konsumsi adalah bayam, brokoli, kangkung, kacang panjang, dan lain-lain.

Ubi

Ubi juga termasuk salah satu makanan yang kaya akan serat. Selain itu, makanan ini dapat membuat perut kenyang lebih lama yang dapat baik untuk tubuh saat harus menahan lapar selama berjam-jam. Ubi juga dapat meningkatkan sistem gerakan usus yang berguna untuk mencerna makanan, sehingga membuat feses menjadi lebih lunak.

Jagung

Salah satu makanan yang kaya akan serat adalah jagung. Sayuran tersebut tinggi akan kadar serat yang mencapai 12 gram dan juga dapat mengatasi masalah pada pencernaan apabila mengalami masalah pada pencernaan. Selain itu, jagung juga dapat mengatasi risiko diare karena mengonsumsi makanan yang berlebihan.

Beras Merah

Ada baiknya kamu mengganti beras yang kamu konsumsi dengan beras merah. Beras ini mempunyai serat dua kali lipat lebih tinggi dibandingkan beras putih. Selain itu, beras tipe ini juga dapat mencegah sembelit saat berpuasa dan menurunkan kadar kolesterol yang jahat.

Buah-Buahan

Beberapa buah-buahan kaya akan kandungan serat yang baik bagi tubuh untuk menahan haus dan lapar seharian ketika puasa. Umumnya, buah tersebut mengandung kandungan air yang tinggi, serta vitamin dan mineral yang dapat menyehatkan. Buah-buahan yang kaya serat adalah apel, pir, alpukat, pisang, dan jeruk.

Dari lima jenis makanan di atas, mana yang jadi favorit kamu?

Reporter : Dimas Elfarisi
Editor : Irawan HP