Netral English Netral Mandarin
banner paskah
09:14wib
Hasil survei Indonesia Political Opinion (IPO) menunjukkan bahwa lebih dari 90 persen masyarakat setuju sekolah dan rumah ibadah dibuka kembali meski masih di tengah kondisi pandemi corona. Data pengguna Facebook yang mencapai 533 juta, baru-baru ini dikabarkan telah dicuri hacker. Facebook menyatakan, tak akan memberi tahu data siapa saja yang telah dicuri.
Pasien Covid-19 Tembus 1 Juta, Menkes: Merenung, Berduka, Kerja Sangat Keras 

Selasa, 26-January-2021 21:40

Pasien Covid-19 tembus angka 1 juta.
Foto : Antara
Pasien Covid-19 tembus angka 1 juta.
14

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Saidin mengatakan, hari ini, Selasa (26/1/2021), Presiden Joko Widodo (Jokowi) memanggil beberapa menteri untuk rapat terbatas.

Menkes lantas dititipi pesan oleh Presiden Jokowi bahwa hari ini adalah hari dimana jumlah orang yang terpapar Covid-19 di Indonesia menembus angka 1 juta orang. Kata dia, angka ini memiliki makna dua hal yang harus disadari.

"Angka ini membuat kita harus merenung dan ada dua momen penting yang harus kita sadari momen yang pertama adalah ini saatnya kita untuk berduka," kata Menkes, Selasa (26/1/2021).

Kata Menkes, ada banyak saudara-saudara yang sudah wafat. Ada lebih dari 600 tenaga kesehatan juga yang sudah gugur dalam menghadapi pandemi. Mungkin sebagian dari keluarga dekat dan teman juga sudah meninggal.

"Momen pertama yang harus kita lalui bahwa ada rasa duka yang mendalam dari pemerintah, dari seluruh rakyat Indonesia atas angka ini," ujar dia.

Momen kedua, menurutnya masyarakat juga harus sadar dan bekerja sangat keras, sehingga pengorbanan yang sudah dilakukan tenaga kesehatan tidak sia-sia. Pasalnya angka satu juta tersebut memberikan satu indikasi bahwa seluruh rakyat Indonesia harus bersama-sama dengan pemerintah bekerja bersama-sama untuk mengatasi pandemi.

"Kita teruskan kerja keras kita bapak ibu. Semua orang ahli epidemiologi mengatakan kepada saya bahwa untuk mengatasi pandemi ini satu hal utama yang harus kita ingat, kita harus mengurangi laju penularan dari virus," jelas Menkes.

Mengurangi laju pengurangan virus diharapkan sehingga fasilitas kesehatan yang Indonesia miliki tidak terlalu berat bebannya. Kemudian Indonesia memiliki waktu yang lebih banyak untuk merespon pandemi.

"Kita bisa secara gradual mengurangi penularan virus hingga Insya Allah bisa menghilangkan sama sekali. Tapi satu hal yang paling penting kita harus ingat bersama, di mana kita bekerjasama keras untuk capai bagaimana kita menurunkan atau mengurangi laju penularan virus," harap Menkes.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sulha Handayani