Netral English Netral Mandarin
banner paskah
14:51wib
Pemerintah melalui Kementerian Agama memutuskan awal puasa atau 1 Ramadan 1442 Hijriah di Indonesia jatuh pada Selasa (13/4/2021). Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) setuju penggabungan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).
Pascagempa Majene, Ini Imbauan BMKG Bagi Masyarakat yang Perlu Diwaspadai

Jumat, 15-January-2021 16:15

Kerusakan bangunan akibat gempa di Sulawesi Barat, Jumat dini hari tadi.
Foto : BNPB
Kerusakan bangunan akibat gempa di Sulawesi Barat, Jumat dini hari tadi.
16

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) imbau masyarakat untuk tetap tenang tetapi waspada. 

BMKG akui gempa susulan masih akan terus terjadi seperti lazimnya pasca gempa kuat. Untuk itu masyarakat diminta mewaspadai kemungkinan masih terjadinya gempa susulan yang kekuatannya signifikan.

"Masyarakat yang tempat tinggalnya sudah rusak atau rusak sebagian, diimbau untuk tidak menempati lagi karena jika terjadi gempa susulan signifikan dapat mengalami kerusakan yang lebih berat bahkan dapat roboh," tulis press rilis BMKG, Jumat (15/1/2021).

BMKG sampaikan, masyarakat perlu waspada dengan kawasan perbukitan dengan tebing curam karena gempa susulan signifikan dapat memicu longsoran (landslide) dan runtuhan batu (rock fall).

Mengingat pesisir Majene pernah terjadi tsunami pada tahun 1969, masyarakat yang bermukim di wilayah Pesisir Majene perlu waspada jika merasakan gempa kuat agar segera menjauh dari pantai tanpa menunggu peringatan dini tsunami dari BMKG.

Masyarakat diminta tidak percaya berita bohong (hoax) mengenai prediksi dan ramalan gempa yang akan terjadi dengan kekuatan lebih besar dan akan terjadi tsunami.

Seperti diketahui, wilayah Majene Sulawesi Barat diguncang gempa tektonik yang disebut gempa pendahuluan atau foreshock.

Gempa tersebut terjadi pada Kamis (14/1/2021) pukul 13.35.49 WIB dengan Magnitudo 5,9. Episenter 2,99 LS dan 118,89 BT, tepatnya di darat pada jarak 4 km arah Baratlaut Majene, Sulawesi Barat dengan kedalaman 10 km.

Wilayah Majene kembali diguncang gempa tektonik ke-2, atau disebut gempa utama/mainshock. Gempa ini terjadi pada Jumat (15/1/2021) pada pukul 01.28.17 WIB. 

Gempa bermagnitudo 6,2 dengan Episenter 2,98 LS dan 118,94 BT. Gempa terjadi tepatnya di darat pada jarak 6 km arah TimurLaut Majene, Sulawesi Barat dengan kedalaman 10 km.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Irawan HP