Netral English Netral Mandarin
banner paskah
18:02wib
Leicester City berhasil menyabet gelar juara Piala FA usai membungkam Chelsea 1-0 di Stadion Wembley, Sabtu (15/5). Gol tunggal kemenangan The Foxes dicetak oleh Youri Tielemans di menit ke-63. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memutuskan untuk menutup sementara Taman Impian Jaya Ancol, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), dan Taman Margasatwa Ragunan, pada 16-17 Mei 2021.
Pantai Tiga Warna, Surga Tersembunyi di Balik Pulau Sempu

Minggu, 11-April-2021 15:00

Pantai Tiga Warna di Malang.
Foto : Traveling
Pantai Tiga Warna di Malang.
20

MALANG, NETRALNEWS.COM - Pernahkan terpikir, setelah pemerintah mencabut izin mudik, kira-kira pantai mana yang akan dikunjungi? 

Pantai Tiga Warna! Ya, silakan lakukan perjalanan ke kawasan Malang. Meski baru saja diguncang gempa besar, Malang memiliki banyak tempat cantik untuk dikunjungi, salah satunya adalah Pantai Tiga Warna Sempu.

Keunikan utama Pantai Tiga Warna Malang adalah warna airnya yang berbeda-beda. Biru-Hijau-Putih. Perbedaan warna ini disebabkan oleh kedalaman air laut. Selain itu, ombak di pantai ini sangat tenang, karena ombak besar dari Samudera Hindia terhalang oleh Pulau Sempu.

Di PantaiTiga Warna Malang, pengunjung bisa melakukan snorkeling untuk menikmati keindahan taman bawah laut. Pengunjung dapat menikmati indahnya terumbu karang dan berbagai aneka ikan di sana. Pantai Tiga Warna merupakan satu-satunya spot snorkeling di Malang.

Pantai Tiga Warna Malang sebenarnya bersebelahan dengan Pantai Sendang Biru. Pemandangan muka pantai di dominasi oleh Pulau Sempu. Pantai Tiga Warna merupakan kawasan konversi alam yang dikelola oleh Clungup Mangrove Conservation (CMC). 

Oleh karena itulah kawasan Pantai Tiga Warna Malang ini tetap alami dan benar-benar terjaga kebersihan dan keindahannya. Satu hal yang membedakan wisata pantai tiga warna dengan lokasi wisata pantai lain adalah standar kebersihannya. 

Ketika memasuki pintu masuk menuju Pantai Tiga Warna, Pengunjung diharuskan menunjukkan semua barang bawaan yang berkaitan dengan makanan dan minuman. Intinya barang yang berpotensi jadi sampah. Nanti setelah selesai wisata, saat akan pulang barang tersebut kembali di data. 

Pendataan barang bawaan kepada petugas bertujuan agar pengujung tidak meninggalkan sampah di kawasan pantai. Jika itu terjadi pengunjung dapat dikenakan denda sampai Rp 100.000,-.

Dilansir dariNativeindonesia, Pantai Tiga Warna ada dalam area Rehabilitasi dan Konservasi Mangrove, Terumbu Karang serta Hupantatan Lindung. Tepatnya di Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumber Manjing Wetan, Kabupaten Malang. Dari pusat kota Malang, pantai ini jaraknya sekitar 150 km

Rute Menuju Pantai 3 WarnaUntuk mencapai Pantai 3 Warna, dari Kota Malang, bisa dengan mengikuti penunjuk arah menuju Kecamatan Bululawan, Kecamatan Turen,  Kecamatan Sumber Manjing Wetan, Pantai Sendang Biru.

Nanti akan ada petunjuk arah sesampai nya di pertigaan Pantai Sendang Biru, setelah itu ikuti petunjuk yang Clungup Mangrove Conservation. Penunjuk itu merupakan arah ke Pantai Clungup, Pantai Gatra dan Pantai 3 Warna.

Jika menggunakan sepeda motor bisa masuk hingga pintu utama pantai clungup. Sedangkan untuk kendaraan roda empat, harus parkir di depan gang dan berjalan kaki sekitar 1 km. 

Dari pos tiket masuk, melanjutkan perjalanan melewati jalan tanah sempit 2 km, naik turun. Jalanan ini cenderung jadi licin saat musim hujan. Hutan mangrove menjadi pemandangan indah sekaligus sebagai pertanda bahwa sudah sampai di Pantai Clungup. 

Reporter : Sulha
Editor : Sulha Handayani