Netral English Netral Mandarin
banner paskah
01:10wib
Indonesia Corruption Watch menilai pengelolaan internal Komisi Pemberantasan Korupsi sudah bobrok. Kapal selam KRI Nenggala-402 yang hilang kontak saat melakukan latihan di perairan Bali karam di kedalaman 600-700 meter.
Panen Hujatan, Young Lex Klarifikasi Tudingan Jiplak Karya Lay EXO, Netizen: Salah Lawan Sih, Ngelawan Kpopers

Selasa, 09-Maret-2021 23:00

Young Lex, penyanyi rap Indonesia.
Foto : young_lex18
Young Lex, penyanyi rap Indonesia.
23

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Young Lex, penyanyi rap Indonesia ini jadi trending topic Twitter. Tagar #YounglexApologizetoLayZhangtelah diposting hingga 296 ribuan kali di media sosial berlambang burung itu.

Young Lex dituding menjiplak video musik lagu "Lit" milik Lay EXO dalam membuat video musik komersialnya. Netizen, sebagian merupakan penggemar musik K-Pop menghujatnya. 

Tak terima, Young Lex sempat menyerang balik tudingan itu dengan memberikan komentar yang dianggap telah menyulut amarah para penggemar EXO dan K-Popers secara umum.

Akhirnya, Young Lex memberikan klarifikasinya melalui unggahan foto tulisan seperti dikutip berikut ini:

"Saya meminta maaf untuk tidak meminta maaf atas perihal tentang video klip terbaru di channel YouTube saya yang berjudul 'Young Lex - Raja Terakhir (The Last King) | Official song for Three Kingdoms: Hero Legendaris'," demikian Young Lex dalam unggahannya di Instagram seperti dikutip, Selasa (9/3/2021).

"Saya bekerja sama dengan agency hanya sebagai talent dan pencipta lagu, dan dengan ini saya menyatakan bahwa saya tidak ikut serta dalam proses kreatif dalam memproduksi music video tersebut hingga terjadinya dugaan kemiripan atas kostum, ornamen dan/atau beberapa scene di music video Lay yang berjudul Lit di konten yang ada di YouTube channel saya saat ini. Sebagai seorang profesional, saya tetap bertanggung jawab mempromosikan game tersebut sampai batas waktu yang ditentukan," demikian bunyi unggahan foto tulisan klarifikasi dari pemilik akun young_lex18 itu.

Diketahui bahwa netizen menilai bahwa banyak kemiripan dari video musik Young Lex dengan Lay EXO itu, yang terletak pada visual, gaya, hingga koreografi.

Bahkan, disebutkan bahwa penggemar Lay EXO di China telah melapor dugaan plagiarisme tersebut ke manajemen pribadi Lay EXO yaitu Lay Studio.

Penggemar EXO bahkan sempat marah besar karena Young Lex menuliskan komentar di videonya, "Fans K-pop otak micin akan bilang ini plagiat." Namun, komentar itu kini sudah tak bisa dilihat alias sudah dihapus.

Menanggapi klarifikasi Young Lex, netizen menuliskan beragam komentar, beberapa dikutip seperti berikut ini:

raya.lunasa, "telat bang.. dah masuk berita di china.. selamat menikmati lah".

exo_editing. "Pansos ke Kpopers, ngatain Kpopers, klarifikasi minta maaf. Welcome to Indonesia. Biasaaalahhhh".

do__amls, "Bkn dugaan kemiripan, MIRIP SEMUA itu..."

aylinclaire_, "salah lawan sih, ngelawan exol/kpopers, diserang kan lu mamam". 

 

Reporter : Irawan HP
Editor : Irawan HP