Netral English Netral Mandarin
banner paskah
15:10wib
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem mulai Rabu (14/4) hingga Kamis (15/4). Cuaca ekstrem ini diakibatkan Siklon Tropis Surigae. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyebut semua komponen utama yang digunakan dalam pengembangan Vaksin Nusantara diimpor dari Amerika Serikat.
Pandemi, Ini yang Dicari Amerika Serikat dari Indonesia

Sabtu, 27-Maret-2021 23:20

Mutiara salah satu perhiasan untuk ekspor ke AS.
Foto : Style
Mutiara salah satu perhiasan untuk ekspor ke AS.
8

WASHINGTON DC, NETRALNEWS.COM -Menteri Perdagangan RI Muhammad Lutfi melakukan kunjungan kerja ke WashingtonDC,Amerika Serikat (AS) untuk memperkuat hubungan dagang Indonesia dan AS.

Kunjungan kerja berlangsung pada 24—28 Maret 2021.“AS merupakan salah satu mitra dagang penting bagi Indonesia.

Begitu pula Indonesiayangmerupakan mitra dagang penting bagi AS. Total perdagangan kedua negara pada 2020 mencapai USD 27,2 miliar dengan surplus bagi Indonesia sebesar USD 10,04 miliar.

Hubungan kedua negara perlu terusdiperkuat dan ditingkatkan sehingga potensi perdagangan dapat terus tumbuhdan investasi AS di Indonesia dapat semakin meningkat,” ujar Mendag Lutfi.

Mendag Lutfi menyampaikan produk-produk yang menyumbang pertumbuhan positif perdagangan kedua negara antara lain elektronik, hasil laut, furnitur, perhiasan, dan produk kimia. AS juga merupakan 10 besar investor Indonesia.

Nilai investasi AS ke Indonesia pada 2020 tercatat mencapai USD 480,1 juta.Sejumlah pertemuan dilakukan dalam rangkaian kegiatan kunjungan kerja tersebut. Salah satunya adalahpertemuan Mendag Lutfi dengan United States Trade Representative (USTR) yang baru dilantik, DutaBesar (Dubes) Katherine Tai secara virtual pada Kamis (25/3) waktu Washington DC.

Keduanya membahas upaya memperkuat hubungan dagang Indonesia–AS dan mendorong pemulihan ekonomi kedua negara melalui perdagangan.Mendag Lutfi menyampaikan, di era kolaborasi iniiasiap bekerja sama dengan Dubes Tai untuk menumbuhkan perdagangan yang berkesinambungan, terbuka, dan adil;serta mendorong peningkatan investasi AS ke Indonesia.

“Kami membahas berbagai upaya peningkatan kerja sama perdagangan, baik di tingkatbilateral, regional,hinggamultilateral untuk mendorong pemulihan ekonomi kedua negarapasca-Covid-19. Kamipunsepakat akan terus meningkatkan kerja samaIndonesia–AS yang lebih erat di berbagai bidang dengan semangat dan perspektif baru,” ungkap Mendag.

Mendag Lutfi juga menyampaikan selamat kepada Dubes Tai yang telah dilantik sebagai USTR yang baru. Begitu pun Dubes Tai yang mengucapkan selamat atas penugasan baru Dubes Lutfi sebagaiMenteri Perdagangan.

Reporter :
Editor : Sulha Handayani