Netral English Netral Mandarin
banner paskah
23:15wib
Pemerintah kembali memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berskala mikro. Kebijakan ini diperpanjang selama 14 hari, terhitung sejak 20 April. Komite Eksekutif UEFA meresmikan format baru untuk kompetisi Liga Champions yang akan mulai digunakan pada musim 2024/2025.
Oppo Salip Vivo dan Huawei Jadi Pemimpin Pasar Ponsel Pintar di China Kali Pertama

Selasa, 09-Maret-2021 19:45

Data hasil riset penjualan smartphone di China oleh Counterpoint.
Foto : counterpointresearch.com
Data hasil riset penjualan smartphone di China oleh Counterpoint.
35

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Persaingan di industri ponsel pintar atau smartphone semakin ketat. Di China, negara tempat beberapa produsen ponsel pintar raksasa berasal, kini punya pemimpin pasar baru yaitu Oppo. Brand ponsel pintar tersebut untuk pertama kalinya memimpin penjualan smartphone tertinggi di China menyalip pesaing lainnya seperti Vivo hingga Huawei.

Melansir dari The Verge, Selasa (9/3/2021), Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Counterpoint di China didapatkan bahwa penjualan ponsel yang dilakukan Oppo mencapai 21 persen pada Januari 2021, disusul oleh Vivo dan Huawei dengan tingkat penjualan yang sama yaitu masing-masing 20 persen, serta Apple dan Xiaomi dengan masing-masing mencapai penjualan 16 persen.

Dalam laporan penelitian itu pun disampaikan Oppo telah mengalami peningkatan penjualan sebesar 26 persen jika dibandingkan pada 2020 dan penjualannya meningkat sebanyak 33 persen jika dibandingkan dengan penjualan bulan lalu.

Seri Reno 5 menjadi salah satu keberhasilan Oppo memimpin pasar smartphone di Negeri Tirai Bambu itu setelah hadir dengan spesifikasi yang mumpuni dan memiliki harga pasar yang lebih murah dibanding pendahulunya Reno 4.

Penelitian Couterpoint itu pun selain mengungkap keberhasilan Oppo memimpin pangsa pasar ponsel pintar di China juga mengungkap kondisi pesaing Oppo yaitu Huawei yang tengah mengalami kendala.

Huawei diketahui mengubah target pasarnya untuk kalangan menengah atas akibat adanya sanksi yang dijatuhkan oleh Amerika Serikat dan menyebabkan berkurangnya komponen pembuatan ponsel.

Dengan kondisi itu para distributor ponsel pintar di China pun akhirnya memutuskan untuk menjual brand lain selain Huawei, Counterpoint menyebutkan Seri Honor Huawei didapuk sebagai penyebab Huawei mengalami penurunan penjualan yang lebih jauh lagi.

Meski hanya penelitian dalam satu bulan, Counterpoint memperkirakan tren penurunan penjualan brand ponsel pintar Huawei masih dapat terjadi pada 2021 dan memberikan peluang bagi Oppo serta brand ponsel China lainnya seperti Vivo dan Xiaomi untuk mendapatkan peningkatan yang lebih lagi.

Reporter : Dimas Elfarisi
Editor : Irawan HP