Netral English Netral Mandarin
banner paskah
14:45wib
Pengadilan Negeri (PN) Surabaya menolak gugatan pedangdut Rhoma Irama sebesar Rp1 miliar melawan PT Sandi Record. Komisi IX DPR akan memanggil Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI yang masih mengizinkan Vaksin AstraZeneca untuk digunakan di Indonesia.
Nilai Pembangunan Transportasi Dilakukan oleh Pendahulunya, FH Sebut Anies Ga Bangun Apa-apa

Jumat, 05-Februari-2021 15:32

Politisi Ferdinand Hutahaean (FH)
Foto : Istimewa
Politisi Ferdinand Hutahaean (FH)
6

JAKARTA, METRALNEWS.COM - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan masuk dalam 21 pahlawan 2021 atau 21Heroes2021 versi Transformative Urban Mobility Initiative (TUMI).

Menanggapi penghargaan tersebut, bekas Politisi Partai Demokrat Ferdinand Hutahean mengatakan, pembangunan transportasi di Jakarta dilakukan oleh gubernur sebelumnya.

Dirinya mencontohkan, Busway yang dicetuskan oleh Gubernur Sutiyoso. Demikian pula kereta cepat, LRT dan MRT yang dibangun era Jokowi-Ahok.

Menurutnya, Gubernur Anies yang menjabat saat ini hanya menuai hasil dari kerja keras gubernur sebelumnya.

"Transportasi berkelanjutan di Jakarta itu dimulai dari Busway oleh Sutiyoso, LRT dan MRT era Jokowi Ahok dan bus / transportasi pengumpan era Jokowi Ahok juga," kata Ferdinand dalam cuitan di Twitter pribadinya.

"Dan atas itulah Pemprov DKI Jakarta menerima penghargaan dr TUMI diwakili Anies sbg Gubernur. Anies tak bangun apa2," lanjutnya.

Sementara dalam cuitan lainnya Ferdinand meminta Anies dan pendukungnya agar tidak bangga atas hasil yang diraih pendahulunya. Ia mengatakan Anies hanya jago mewarnai.

"Nies, km dan pendukungmu ngga malu banggain diri menerima penghargaan soal transportasi Jakarta sementara kamu ngga bangun apa2 soal transportasi?," tulis Ferdinand.

"Jakarta tau km cm jago mewarnai, tp knp blm terima penghargaan mewarnai?" sindirnya.

Diketahui Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan masuk dalam 21 pahlawan 2021 atau 21Heroes2021 versi Transformative Urban Mobility Initiative (TUMI).

Anies dianggap sukses membangun transportasi publik berkelanjutan yang ramah lingkungan di masa pandemi Covid-19 pada 2020.

"21Heroes2021 menggunakan krisis ini sebagai sebagai jalan tidak hanya untuk membuat masyarakat aman saat bergerak di kota, tapi juga menginvestasikan waktu dan sumber daya mengubah mobilitas perkotaan dan melawan perubahan iklim," demikian bunyi paper TUMI yang disebarluaskan pada Februari 2021.

TUMI menilai, Anies telah memimpin pengembangan transportasi, termasuk pelayanan bus dan rencana pembangunan besar jalur sepeda hingga 63 kilometer di Jakarta.

Kota tersebut telah bekerja menuju tujuan untuk menciptakan transportasi yang adil, terjangkau, dan inklusif bagi semua orang. Sebelum pandemi Covid-19, Anies juga melihat sistem transportasi Jakarta menjadi transformatif dan saling terintegrasi.

Reporter : Wahyu Praditya P
Editor : Sesmawati