Netral English Netral Mandarin
banner paskah
01:49wib
Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan menggunakan 17 titik periksa yang sebelumnya disiapkan untuk pengamanan mudik sebagai pos pemeriksaan Surat Izin Keluar-Masuk. Dua hari ke depan diperkirakan akan terjadi lonjakan masyarakat yang nekat mudik Idulfitri 2021.
Muka Anda Gampang Jerawatan? Hindari Konsumsi Makanan Ini

Kamis, 22-April-2021 23:01

Jerawat (acne vulgaris) adalah penyakit yang sangat ditakuti, terutama bagi kaum perempuan.
Foto : freepik.com
Jerawat (acne vulgaris) adalah penyakit yang sangat ditakuti, terutama bagi kaum perempuan.
8

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Jerawat (acne vulgaris) adalah penyakit yang sangat ditakuti, terutama bagi kaum perempuan. Timbulnya jerawat bisa mengganggu penampilan dan merusak kepercayaan diri. Jika sudah parah, bahkan bisa merusak wajah kita. 

Jerawat adalah penyakit peradangan kronis dari kelenjar pilosebasea yang ditandai dengan adanya komedo, papul, kista, dan pustula. Bagian tubuh yang kerap ditumbuhi jerawat yakni terutama pada area wajah, bahu, lengan atas, dada, dan punggung. 

Ada banyak faktor yang berkontribusi pada perkembangan jerawat. Ini termasuk: Faktor genetik, lingkungan hormonal, stres emosional, trauma kosmetik, obat-obatan, makanan. 

Hubungan antara pola makan dan jerawat telah menjadi kontroversial selama ini. Namun, penelitian menunjukkan bahwa diet atau pola makan dapat memainkan perat penting dalam perkembangan jerawat. Nah, berikut ini adalah beberapa kemungkinan makanan penyebab jerawat yang bisa diwaspadai seperti dilansir dari berbagai sumber;

1. Gula dan karbohidrat olahan 

Orang dengan jerawat dilaporkan cenderung mengonsumsi lebih banyak karbohidrat olahan daripada orang dengan sedikit atau tanpa jerawat. Makanan yang kaya akan karbohidrat olahan, termasuk: roti, biskuit, sereal atau makanan penutup yang dibuat dengan tepung putih, pasta dibuat dengan tepung terigu, nasi putih dan bihun, soda dan minuman manis lainnya, pemanis seperti gula tebu, sirup maple, madu atau agave. 

2. Produk olahan susu 

Banyak penelitian telah menemukan hubungan antara produk olahan susu dan keparahan jerawat pada remaja. Beberapa penelitian juga menemukan bahwa orang dewasa muda yang secara teratur mengonsumsi susu atau es krim empat kali lebih mungkin menderita jerawat.   

3. Makanan cepat saji 

Jerawat sangat terkait dengan makan makanan gaya Barat yang kaya kalori, lemak, dan karbohidrat olahan. Makanan cepat saji, seperti burger, nugget, hot dog, kentang goreng, soda, dan milkshake adalah makanan andalan khas Barat dan dapat meningkatkan risiko jerawat. 

4. Makanan kaya lemak omega 6 

Makanan kaya lemak omega 6 juga dituding sebagai makanan penyebab jerawat. Diet yang mengandung asam lemak omega-6 dalam jumlah besar telah dikaitkan dengan peningkatan tingkat peradangan dan jerawat . Pola makan tinggi asam lemak omega 6 membuat orang-orang zaman sekarang lebih sedikit mengonsumsi tinggi asam lemak omega 3. Alhasil, ketidakseimbangan antara konsumsi asam lemak omega-6 dan omega-3 ini mendorong tubuh mengalami peradangan, sehingga dapat memperburuk kondisi kulit berjerawat. 

5. Cokelat 

Beberapa survei informal telah mengaitkan makan cokelat dengan peningkatan risiko timbulnya jerawat, tetapi ini tidak cukup untuk membuktikan bahwa cokelat menyebabkan jerawat. Sebuah studi yang diterbitkan dalam International Journal of Dermatology pada 2016, menemukan bahwa pria yang rentan berjerawat yang mengonsumsi 25 gram cokelat hitam 99 persen setiap hari, mengalami peningkatan jumlah lesi jerawat hanya dalam dua minggu. 

Reporter : Dimas Elfarisi
Editor : Irawan HP