Netral English Netral Mandarin
banner paskah
18:41wib
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem mulai Rabu (14/4) hingga Kamis (15/4). Cuaca ekstrem ini diakibatkan Siklon Tropis Surigae. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyebut semua komponen utama yang digunakan dalam pengembangan Vaksin Nusantara diimpor dari Amerika Serikat.
Meski Anies Tertinggi, Loyalisnya Tetap Tak Percaya Dengan Hasil Survei, Kenapa?

Senin, 22-Maret-2021 23:26

Geisz Chalifah
Foto : Istimewa
Geisz Chalifah
11

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Loyalis Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Geisz Chalifah menanggapi hasil survei Indikator Politik Indonesia yang menempatkan nama Anies di urutan teratas capres pilihan anak muda dengan persentase sebesar 15,2 persen.

Geisz mengatakan, meski Anies mendapat dukungan tertinggi, namun ia tetap tidak percaya dengan angka dalam survei tersebut, karena menurutnya hasil survei telah disunat.

"Ada survey lagi angka Anies tertinggi sebagai kandidat terkuat capres dan gue tetap ga percaya dengan hasilnya," tulis Geisz di akun Twitternya, @GeiszChalifah, Minggu (21/3/2021).

"Mereka pikir kita ga punya hasil survey sendiri dengan memotret secara objektif. Ada yang menyunat angka dan itu udah biasa," jelas @GeiszChalifah.

Sebelumnya diberitakan, Lembaga Indikator Politik Indonesia melakukan survei untuk mengetahui suara anak muda tentang isu-isu sosial politik yang tengah berkembang ditanah air saat ini, salah satunya adalah soal pemilihan presiden (pilpres).

Dalam surveinya, Indikator Politik Indonesia mengajukan pertanyaan kepada para responden anak muda "Jika pemilihan presiden diadakan sekarang, siapa yang akan anda pilih sebagai presiden di antara nama-nama berikut?".

Dari 17 nama yang disodorkan, hasilnya Anies Baswedan berada di urutan pertama dengan perolehan suara 15,2 persen. Posisi kedua ditempati Ganjar Pranowo dengan meraih suara responden sebesar 13,7 persen.

Kemudian Ridwan Kamil yang mendapat dukungan 10,2 persen berada di urutan ketiga, disusul Sandiaga Uno di posisi keempat dengan raihan suara 9,8 persen. Sementara Prabowo Subianto mendapat suara 9,5 persen dan menempati posisi kelima capres pilihan anak muda.

"Saat ini, lebih banyak anak muda yang belum memilih nama untuk menjadi Presiden jika pemilu diadakan sekarang. Di antara nama-nama yang ada, pilihan lebih banyak pada Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, Ridwan Kamil, Sandiaga Uno, dan Prabowo Subianto. Nama-nama lain lebih sedikit dipilih," tulis Indikator Politik Indonesia dalam rilis surveinya, Minggu (21/3/2021).

Survei Indikator Politik Indonesia ini dilakukan pada 4-10 Maret 2021 menggunakan sambungan telepon dengan melibatkan 1.200 responden anak muda berusia 17-21 tahun. Margin of error survei kurang lebih sebesar 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. 

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Sesmawati