Netral English Netral Mandarin
banner paskah
00:43wib
Pemerintah kembali memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berskala mikro. Kebijakan ini diperpanjang selama 14 hari, terhitung sejak 20 April. Komite Eksekutif UEFA meresmikan format baru untuk kompetisi Liga Champions yang akan mulai digunakan pada musim 2024/2025.
Mengungkap 17 Tips Kecantikan, Mana Mitos dan Bukan Mitos?

Jumat, 22-January-2021 11:08

Ilustrasi Tips Kecantikan
Foto : Femina
Ilustrasi Tips Kecantikan
9

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Anda menginginkan wajah cantik dan membutuhkan tips kecantikan? Kenali dan cermati mana yang hanya sekadar mitos dan mana yang memang bisa diikuti.

Memang, semua wanita menginginkan wajah yang cantik meski cantik itu sebenarnya bersifat relatif tapi sekaligus juga objektif. Mengukur kecantikan bisa dilakukan.

Dalam perlombaan abang-noni misalnya, unsur kecantikan ada kriterianya. Yuri mengambil nilai dengan indikator-indikator tersebut. Namun, kecantikan bisa pula diukur secara subjektif.

Perempuan yang dianggap banyak orang tidak cantik, bisa saja dinilai sangat cantik bahkan paling cantik sedunia di mata orang yang mencintainya apa adanya.

Karena kecantikan sering diincar dan ingin diraih setiap perempuan, banyak sekali tips kecantikan beredar di masyarakat.

Tak jarang tips-tips yang beredar berujung pada rekomendasi membeli suatu produk, alias hanya sekadar iklan kecantikan yang harus dibeli.

Padahal, banyak sekali tips kecantikan yang bisa kita dapatkan tanpa harus mengeluarkan kocek dari kantong kita.

Nah, kali ini Netralnews ingin jabarkan dua hal penting terkait tips kecantikan yang bisa diperoleh setiap perempuan secara gratis.

Yang pertama tentang mitos salah kaprah tips kecantikan dan kedua soal penggunaan tomat agar wajah Anda menjadi cantik seperti yang diinginkan.

Mitos salah kaprah

Untuk menjadi orang berwajah menarik, banyak orang mau melakukan apa saja demi mewujudkan keinginan tersebut.

Ada yang membeli produk dan perawatan mahal bahkan ada yang memilih operasi plastik. Tips kecantikan juga banyak beredar di internet, padahal ada informasi yang kadang tidak tepat.

Dilansir World of Buzz, berikut empat mitos tips kecantikan yang tidak benar alias salah kaprah:

1. Senam wajah mengencangkan kulit

Berdasar penelitian ahli bedah plastik, senam wajah ternyata dapat menyebabkan garis ekspresi (seperti di bibir) bertambah dalam dan menimbulkan lebih banyak kerutan.

Padahal yang benar adalah bahwa bagian yang membuat kulit kencang adalah hipodermis, lemak jaringan yang terletak di bawah kulit.

Jaringan lemak ini akan berkurang dan akan menyebabkan kulit mengendur seiring bertambahnya usia.

2.  Banyak tertawa membuat berkeriput

Berdasar kajian, munculnya keriput adalah karena elastisitas kulit yang makin menipis saat Anda menua, jadi bukan karena terlalu sering tertawa atau tersenyum.

3. Banyak minum jika kulit kering

Faktanya, banyak minum tidak akan pengaruhi wajah kering. Bahkan, minum berlebihan malah bisa timbulkan “keracunan” air di mana Anda akan sering buang air kecil.

Menurut dokter kulit, Joel Schelessinger, tetap terhidrasi tidak membantu kulit kering menjadi lembut. Kulit hanya dapat terhidrasi melalui produksi minyak alami atau krim, lotion, dan serum yang dioleskan.

4.  Makan cokelat menyebabkan jerawat

Banyak makan coklat menimbulkan jerawat juga hanyalah sekadar mitos.

Padahal, berdasar kajian ahli kulit, gula atau lemak yang berlebihan dapat meningkatkan produksi sebum, yang merupakan minyak wajah, dan meningkatkan respons peradangan dalam tubuh.

5. Menghilangkan blackheads dengan dental floss

Seorang beauty vlogger bernama Sukhi Mann sempat bikin heboh internet dengan tips menghilangkan blackheads yang dibuatnya.

Ia menggunakan handuk panas, dental floss, serta obat kumur sebagai tahapan menghilangkan blackheads.

Cara ini nggak direkomendasikan untuk ditiru karena dapat mengikis kulit serta membuat pembuluh darah pecah. Di samping itu mengusapkan obat kumur pada wajah akan membuat kulitmu kering.

6. Mencerahkan wajah dengan lemon

Cara ini mungkin sering Anda temukan sebagai salah satu tips mencerahkan kulit. Padahal tips ini tidak benar dan sebaiknya tidak Anda ikuti.

Kulit wajah kita memiliki besar pH alami 4 atau 5 sedangkan lemon memiliki besaran pH alami 2.

Dengan begitu, keadaan pH kulit tidak akan seimbang ditambah kondisi kulit akan lebih berminyak serta kehilangan skin barrier.

7. Menggunakan tepung jagung agar complexion bertahan lebih lama

Tak sedikit beauty vlogger yang mencoba berbagai produk aneh termasuk menggunakan tepung jagung agar produk complexion lebih tahan lama.

Tips ini sebaiknya tidak Anda ikuti karena produk makanan tidak dibuat untuk digunakan di wajah.  Bahkan pada sebagian orang, melakukan hal ini bisa menimbulkan reaksi alergi.

8. Menggunakan baking soda untuk eksfoliasi

Baking soda dapat memengaruhi tingkat pH kulit wajahmu. Kulit wajah secara alami bersifat asam sementara baking soda bersifat sangat basa sehingga mengganggu keseimbangan pH kulit.

Bila Anda melakukan hal ini, kulitmu akan lebih rentan terhadap iritasi, berjerawat, serta infeksi. Bahkan efeknya akan lebih buruk bila Anda mencampur baking soda dengan lemon.

9. Menggunakan hairspray sebagai setting spray

Penggunaan hairspray di wajah sempat diperbincangkan banyak orang untuk menahan makeup dan menyamarkan pori-pori.

Padahal tips kecantikan yang satu ini jelas berbahaya karena hairspray diperuntukkan bagian rambut bukan wajah.

Komponen yang ada dalam hairspray justru dapat menyebabkan iritasi kulit serta ruam di wajahmu. Di samping itu pori-pori akan tersumbat serta jadi kering akibat kandungan alkohol di dalamnya.

10. Menggunakan rempah untuk mendapat efek plump di bibir

Bibir yang plump dan tebal ala Kylie Jenner memang jadi idaman sebagian perempuan.

Namun menggunakan kayumanis atau cabai sebagai cara cepat mendapatkan bibir yang tebal sama sekali tidak tepat. Hal ini justru dapat membuat kulit Anda bengkak serta meradang atau reaksi alergi.

Risiko tersebut akan lebih berbahaya bila Anda memiliki kulit yang sensitif.

11. Membuat peel-off mask dari lem

Melihat efek masker yang mengelupas pada kulit memang menimbulkan kepuasan tersendiri.

Namun menggunakan lem sebagai bahan masker yang Anda buat di rumah bukanlah hal yang patut dicoba. Hal ini justru berisiko merobek kulit serta bulu-bulu halus yang ada pada wajah.

Bahkan jika dilakukan terus menerus, tips yang satu ini dapat menyebabkan peradangan, hiperpigmentasi, dan infeksi pada kulit.

Memanfaatkan buah tomat

Nah, setelah mengungkap mitos-mitos tentang tips kecantikan, tibalah sekarang kita menemukan satu alternatif tips kecantikan yang murah tetapi bisa dipertanggung-jawabkan.

Kita bisa menggunakan buat tomat yang mudah kita dapatkan sebagai bahan masker wajah. Manfaatnya ternyata amatlah beragam.

Salah satunya adalah dapat membantu Anda mencegah hadirnya tanda-tanda penuaan dini yang pada nantinya akan membuat rasa percaya diri menurun.

Buah tomat merupakan salah satu buah yang menyimpan banyak khasiat terutama untuk kesehatan kulit.

Antioksidan bernama likopen dalam tomat menjadi salah satu yang ampuh dalam memerangi efek radikal bebas penyebab kanker.

Tidak hanya itu, kandungan bermanfaat lain dalam tomat ialah antioksidan seperti polifenol, chlorogenic acid, naringenin dan masih banyak lagi.

Apabila dikonsumsi, buah tomat ini sangat rendah kalori dan lemak. Namun tetap kaya akan karotenoid, vitamin A, folat, vitamin C serta kalium.

Selain dikonsumsi, Anda dapat menjadikan tomat sebagai masker. Kombinasikan dengan bahan lain seperti madu atau lemon guna menambah khasiat lainnya.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah 7 manfaat masker tomat untuk wajah yang ampuh mencegah penuaan dini.

a.    Cegah penuaan dini

Masker tomat mampu mencegah terjadinya penuaan dini. Syaratnhya, Anda harus gunakan secara tertib dan rutin.

Jika dipraktekkan, Anda akan melihat hasilnya di mana wajah Anda akan tampak sehat dan lebih muda.

b.    Mencerahkan wajah

Manfaat masker tomat berikutnya adalah dapat membantu mencerahkan kulit wajah Anda.

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan kulit wajah kusam atau bintik-bintik hitam, menggunakan masker tomat akan menjadi pilihan tepat.

c.    Menghaluskan Kulit

Menghaluskan kulit adalah salah satu manfaat yang dapat dipetik dari penggunaan masker tomat untuk wajah.

Masker tomat tidak hanya dapat mencerahkan wajah saja, namun juga dapat menghaluskan kulit apabila digunakan secara rutin.

Campurkan jus tomat dengan madu agar membuat pasta menjadi kental, kemudian oleskan pada wajah Anda dengan masker tomat. Diamkan selama 10 hingga 15 menit.

Nah jika sudah, Anda dapat membilasnya dengan menggunakan air bersih.

d.    Samarkan kantung mata hitam

Manfaat masker tomat untuk wajah juga dapat mencerahkan bagian area mata Anda terutama untuk mengatasi kantung mata yang hitam.

Anda bisa membuat masker tomat serta menambakan campuran seperti lidah buaya. Cukup campurkan dengan sebanyak 1 sdm sari tomat dengan beberapa tetes gel lidah buaya.

Kemudian jangan lupa mencampurkannya secara rata dan langsung oleskan pada area bawah mata atau pun seluruh wajah.

Diamkan selama 10 menit lamanya kemudian bilaslah dengan air. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa mengulangi perawatan ini selama 3 kali dalam satu minggu.

e.    Mengecilkan pori wajah

Adapula manfaat lain dari masker tomat untuk wajah adalah dapat mengecilkan pori-pori yang nampak membesar.

Ya, Anda dapat menggunakan air perasan tomat segar sebagai masker wajah alami sembari memijatnya secara lembut dan perlahan.

Ini sangat berfungsi untuk mengecilkan pori-pori wajah Anda sehingga pada nantinya wajah akan terlihat jauh lebih bersih serta menawan.

Lakukan cara ini dengan rutin setiap minggunya agar mendpatkan hasil sesuai dengan yang diharapkan dan tentunya maksimal pula.

f.    Tangkal paparan sinar matahari

Manfaaat masker tomat untuk wajah lainnya adalah mampu membuat kulit Anda mendapatkan proteksi dari paparan sinar matahari.

Kandungan lycopene yang ada dalam tomat akan diserap oleh sel-sel kulit wajah atau pun tubuh Anda.

Nah hal ini lah yang pada nantinya akan membantu menangkal paparan sinar matahari terutama sinar ultra violet yang sangat berbahaya bagai kesehatan kulit manusia.

Itu tadi merupakan informasi manfaat masker tomat untuk wajah Anda. Semoga informasi tadi dapat membantu Anda untuk menjaga kesehatan kulit wajah Anda sehingga tetap berkilau dan cerah.

Selain itu Anda akan terbebas dari keluhan penuaan dini yang terjadi. Selamat mencoba dan sehat selalu.

Reporter : Taat Ujianto
Editor : Taat Ujianto