Netral English Netral Mandarin
banner paskah
16:07wib
Pengadilan Negeri (PN) Surabaya menolak gugatan pedangdut Rhoma Irama sebesar Rp1 miliar melawan PT Sandi Record. Komisi IX DPR akan memanggil Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI yang masih mengizinkan Vaksin AstraZeneca untuk digunakan di Indonesia.
Mengenal Sosok Kapten Pilot Pesawat SJ 182, Ciri Khas Peci Putih dan Religius

Minggu, 10-January-2021 10:15

Pilot Pesawat Sriwijaya SJ182, Kapten Afwan
Foto : Tangkapan Layar Instagram
Pilot Pesawat Sriwijaya SJ182, Kapten Afwan
11

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Sedikit mengenal Afwan, dia merupakan Kapten Pilot di balik kemudi Pesawat Sriwijaya Air SJ 182 yang hilang kontak pada Sabtu (9/1/2021).

Jagat media sosial lantas membagikan berbagai kesan pada Pilot Senior yang merupakan mantan Penerbang Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkata Udara (AU) tersebut. Salah satunya dari Aldila Nesya, istri dari Pilot Bona Septano yang mengenal Kapten Afwan.

Wanita tersebut berbagai foto profil dari Aplikasi WhatsApp  Kapten Afwan, yakni animasi Tokoh Superman yang sedang melaksanakan ibadah salat. Foto tersebut juga disertai degan sebuah tulisan: “setinggi apapun aku terbang, tidak akan mencapai Surga bila tidak shalat lima waktu”.

“Capt Afwan *emoticon* profile picture capt Afwan di WA ini, ya Allah capt ga pernah berhenti ya capt nebar kebaikan capt *emoticon*,” ujar Aldila Nesya, dikutip dari unggahan Instagram Storynya, Minggu (10/2/2021).

Kata Aldila Nesya, semua yang pernah terbang bersama Kapten Afwan, mulai dari pilot, kru kabin hingga pihak ground tahu, selalu ada cerita terkait kata salat atau agama. Dia mengetahui hal ini dari begitu banyaknya cerita rekan–rekan.

“Entah beliau ngingetin sholat, entah beliau izin sholat di Masjid, entah beliau nyuruh cabin yg lg pasa Senin–Kamis masuk ke kopit buat buka puasa krna udah adzan pas mereka lg trbg, entah nyuruh boarding nanti krna beliau mau sholat dulu/nyuruh boarding duluan tp beliau tinggal sholat apapun itu pasti semua punya cerita, dan terbukti sampai skrg capt ngingetin kita smeua tentang sholat,” jelas Aldila Nesya.

Aldila Nesya menilai, apapun yang diingat dari Kapten Afwan adalah semua tentang kebaikan dan menyebarkan kebaikan. Dia harap, pesan terkait beribadah bisa menjadi penolong bagi Kapten Afwan untuk tetap bertahan dan berkumpul bersama keluarga dan keluarga Sriwijaya Air.

“Capt Afwan, capt yg bener2 baik bgt gapernah marah. Aku sm suami (yang berprofesi sebagai pilot) punya cerita sendiri tentang capt.,” ujar dia sambil membagikan potret Kapten Afwan yang mengenakan peci putih.

Aldila Nesya mengaku, dulu saat terbang bersama di Makassra, Kapten Afwan selalu mengingatkan untuk salat. Kapten Afwan bahkan bertanya detail, dimana melakukan salat dan dimana melakukan wudhu. Saat itu Kapten Afwan mengingatkan agar wudhu harus di tempat yang bersih sama sekali.

“Capt baik bgt bener2 selalu pake peci putih iniii bahkan di dalem kokpit jg pake mungkin pas beliau ngaji *emoticon* ujar dia.

Lebih lanjut Aldila Nesya juga menjelaskan bahwa di dalam Pesawat Sriwijaya SJ182 ada nama kapten lain, tetapi dijelaskan mereka adalah kru ekstra dan tidak sedang bertugas. Diketahui enam orang kru ekstra tersebut merupakan kru dari NAM Air yang masih merupakan satu kesatuan dari Sriwijaya Air.

 

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Irawan HP