Netral English Netral Mandarin
banner paskah
18:34wib
Leicester City berhasil menyabet gelar juara Piala FA usai membungkam Chelsea 1-0 di Stadion Wembley, Sabtu (15/5). Gol tunggal kemenangan The Foxes dicetak oleh Youri Tielemans di menit ke-63. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memutuskan untuk menutup sementara Taman Impian Jaya Ancol, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), dan Taman Margasatwa Ragunan, pada 16-17 Mei 2021.
Membuat Manisan Kolang Kaling Awet Tanpa Pengawet

Jumat, 23-April-2021 14:20

Kolang kaling menggunakan pewarna makanan.
Foto : Resep kolang kaling
Kolang kaling menggunakan pewarna makanan.
11

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Jika Lebaran tiba dan Anda berkunjung ke rumah warga Betawi, maka tak heran jika menemukan manisan kolang kaling.

Ya, makanan ini kerap mengisi rumah-rumah mereka sejak turun temurun. Namun, membuat manisan ini diperlukan kesabaran. Sering kali kita manisan masih berlendir dan tidak kering. Bahkan, tidak bisa tahan lama. Sementara kebanyakan dari mereka membuatnya tanpa bahan pengawet.

Dilansir dari laman resepmanisan, berikut cara membuat kolang kaling awet, kering, tak berlendir dan yang paling utama adalah tanpa menggunakan bahan pengawet.

  • kolang-kaling 1 kg
  • gula pasir 600 g
  • daun pandan 2 lembar
  • air bekas cucian beras secukupnya
  • jeruk nipis 2 buah
  • air 1 liter
  • pewarna makanan merah secukupnya, bisa sirup

Cara membuat

Jeruk nipis diambil airnya. Kolang-kaling dilumuri dengan air jeruk nipis sambil diremas-remas agar kolang-kaling tidak berlendir.

 Didiamkan sebentar, kemudian dicuci dengan air bersih, dan ditiriskan, hingga bener-benar kering.

Proses meniriskan ini bisa jadi semalaman agar air benar-benar tidak ada lagi di kolang kaling Anda.Kolang-kaling direndam dalam air bekas cucian beras sekitar 1 jam. 

Dengan direndam seperti ini, buah menjadi lebih kesat dan berwarna putih. Selanjutnya, dibilas kembali dengan air bersih.Gula pasir, air, dan daun pandan direbus hingga mendidih. 

Kemudian, pewarna merah ditambahkan secukupnya.Kolang-kaling direndam dalam air gula berwarna merah selama 3 malam dan disimpan di tempat yang dingin. 

Reporter : Sulha
Editor : Sulha Handayani