Netral English Netral Mandarin
banner paskah
08:52wib
Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Inspektur Jenderal Istiono bakal memberi sanksi dua kali lipat kepada personelnya yang kedapatan meloloskan pemudik pada 6-17 Mei 2021 mendatang. Presiden Joko Widodo meminta semua anggota Kabinet Indonesia Maju dan pimpinan lembaga tinggi negara untuk tidak mengadakan acara buka puasa bersama di tengah pandemi virus corona (Covid-19).
Mbak You Klarifikasi Ramalan 2021 Ganti Presiden, Muannas: Sesat Bener Ngelesnya

Sabtu, 16-January-2021 18:55

Ketua Umum Cyber Indonesia Muannas Alaidid
Foto : Istimewa
Ketua Umum Cyber Indonesia Muannas Alaidid
20

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Ketua Umum Cyber Indonesia Muannas Alaidid menanggapi klarifikasi paranormal Mbak You mengenai ramalan bakal ada pergantian presiden di tahun 2021. 

Adapun Mbak You dalam klarifikasinya menyatakan bahwa yang ia maksud dengan pergantian presiden bukan di 2021 tapi di 2024 nanti, di mana pada tahun itu presiden sekarang yakni Joko Widodo (Jokowi) bakal diganti.

Menurut Muannas, Mbak You berusaha menghindar dengan alasan yang menyesatkan. Pasalnya, jika Mbak You beralasan bahwa penerawangannya soal pergantian presiden di 2024, maka hal tersebut tak perlu diramal karena semua tahu bahwa di 2024 akan ada Pilpres dan Jokowi tak bisa lagi menjadi presiden lantaran sudah menjabat dua periode.

"Sesat bener ngelesnya, kalau Th 2024 ngapain diramal mbak semua juga tahu ⁦@DivHumas_Polri⁩," tulis Muannas di akun Twitter-nya, Sabtu (16/1/2021).

Seperti diberitakan, Mbak You pada November 2020 lalu meramal soal berbagai peristiwa yang akan terjadi di Indonesia pada tahun 2021, termasuk mengenai situasi politik.

Mbak You menerawang politik tanah air akan memanas tahun ini, dimulai dari adanya penjarahan, konflik hingga kemungkinan terjadinya pergantian presiden. Ia mengklaim sudah ada tanda-tanda situasi politik memanas.

"Konflik dan kejahatan atau pun hal yang menyangkut penjarahan akan ada di 2021. Penjarahan besar, politik memanas dan ada bahasa-bahasa yang mungkin secara politiknya pergantian presiden," kata Mbak You seperti dikutip dari kanal YouTube Ganjil Misteri, Jumat (15/1/2021).

“Sudah mulai tanda-tandanya, mulai dari daerah ke atas sudah mulai memanas semuanya. Memang akan ada pergantian tapi dimulai dengan penjarahan dan keributan," jelasnya.

Ramalan Mbak You itu mendapat kecaman dari sejumlah pihak, salah satunya Muannas Alaidid. Ia bahkan berencana melaporkan Mbak You ke Polda Metro Jaya karena ramalan soal pergantian presiden yang dipublikasikan itu dinilai sebagai bentuk propaganda dan telah meresahkan masyarakat.

"Mau jadi dukun silahkan, jadi peramal apapun boleh aja, tapi kalau sampe bebas buat pernyataan dipublikasikan bahwa ‘Tahun 2021 Jokowi lengser, terjadi kerusuhan, penjarahan dan kekacauan’ Ini kebencian dan adu domba masyarakat. Tangkap dan mintai keterangan siapa yang ngajarin dan dibelakang MY ini?" tulis Muannas di akun Twitter-nya, Jumat (15/1/2021).

"Ini niatnya bukan meramal tapi propaganda, pakai ngundang media berani sebut tahun ini presiden lengser didahului kerusuhan dan penjarahan, mau pansos (panjat sosial) silahkan, tapi jangan meresahkan masyarakat," tegas politisi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) itu.

Setelah dikecam dan diancam dipolisikan, Mbak You kemudian membuat video klarifikasi yang diunggah di kanal YouTube-nya.

Dalam video itu, Mbak You membantah pemberitaan yang menyebut dirinya meramal 2021 akan ada pergantian presiden. Menurut Mbak You, yang ia maksud dengan pergantian presiden itu terjadi di 2024, di mana pada tahun itu presiden sekarang yakni Joko Widodo (Jokowi) tak lagi menjabat alias diganti.

"Yang saya maksud di prescon 2020 itu bahwa di tahun mendatang pergantian presiden di 2024 itu akan ada pergantian presiden, bukan presiden sekarang. Bukan 2021, tapi di saat nanti pergantian presiden nanti di tahun 2024 akan ada ganti presiden. Bukan 2021 ganti presiden," kata Mbak You dalam video yang diunggah di kanal YouTube-nya, dikutip Sabtu (16/1/2021).

"Saya bilang di 2020 bahwa di 2021 akan ada politik memanas, ada resuffle kabinet, ada beberapa menteri diganti. Saya jelaskan juga di beberapa media bahwa itu bukan seperti itu maksudnya, pergantian presiden ya di tahun 2024 nanti, bukan di 2021. Cuma 2021 ya memang ada politik memanas dan ada perubahan resuffle kabinet," jelas Mbak You.

Mbak You menyebut bahwa hasil penerawangannya yang dipublikasikan pada November 2020 lalu itu dipenggal dan dipelintir oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

"Banyak terawangan yang dipotong dan dikembangbiakkan tanpa kontrol seperti bola panas menggelinding. Jadi ada beberapa akun yang seolah saya berbicara seperti itu. Bicara saya dipotong tanpa bahasa yang jelas dan dibuat berita sendiri seakan saya bicara seperti itu," ungkapnya. 

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Sesmawati