Netral English Netral Mandarin
banner paskah
10:05wib
Presiden Joko Widodo mengingatkan jajaran kepala daerah untuk berhati-hati menghadapi potensi pandemi Covid-19 gelombang kedua. Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso mengungkapkan pemerintah masih memiliki utang penugasan sebesar Rp1,27 triliun kepada perusahaan.
Masa Pandemi, Ternyata Ini yang Dicari Tiongkok dari Indonesia

Sabtu, 10-April-2021 10:20

Produk UMKM jadi unggulan untuk ekspor.
Foto : Monex
Produk UMKM jadi unggulan untuk ekspor.
7

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi dan Menteri Perdagangan Tiongkok Wang Wentao melakukan pertemuan bilateral secara virtual untuk membahas beberapa isu perdagangan yang menjadi kepentingan bersama, diantaranya terkait ekspor produk unggulan Indonesia ke RRT.

Selain itu pertemuan juga dalam upaya meningkatan hubungan perdagangan kedua negara, salah satunya melalui pembentukan kelompok kerja peningkatan kelancaran perdagangan (Working Group on Promotion of Smooth Trade/WGPST).

“Pertemuan bilateral Indonesia dan Tiongkok ini membahas beberapa upaya peningkatan perdagangan dan langkah-langkah untuk mempererat kerja sama perdagangan kedua negara. Langkah konkret dari upaya tersebut ditandai dengan dilakukannya penandatanganan terms of reference (ToR) pembentukan WGPST,” jelas Mendag Lutfi, dalam siaran persnya, Jumat, (9/4/2021).

Penandatangan ToR tersebut dilakukan oleh Plt. Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional, Kementerian Perdagangan RI, Kasan dan Direktur Jenderal Departemen Asia, Kementerian Perdagangan Tiongkok, Peng Gang. Pertemuan pertama kelompok kerja dimaksud direncanakan untuk dilakukan segera pada tahun ini.

WGPST merupakan forum kerja sama bilateral antara Indonesia dan Tiongkok yang bertujuan untuk mempererat hubungan kemitraan strategis kedua negara di bidang perdagangan. Secara struktur, WGPST berada di bawah kerangka forum High Level Economic Dialogue yang dikoordinasikan oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, total perdagangan kedua negara di tahun 2020 tercatat sebesar USD 71,41 miliar. Dari nilai tersebut, ekspor Indonesia ke Tiongkok tercatat sebesar USD 31,78 miliar dan impor Indonesia dari Tiongkok sebesar USD 39,63 miliar. 

Reporter : Sulha
Editor : Sulha Handayani