Netral English Netral Mandarin
16:30wib
Hasil survei Indonesia Political Opinion (IPO) menunjukkan bahwa lebih dari 90 persen masyarakat setuju sekolah dan rumah ibadah dibuka kembali meski masih di tengah kondisi pandemi corona. Data pengguna Facebook yang mencapai 533 juta, baru-baru ini dikabarkan telah dicuri hacker. Facebook menyatakan, tak akan memberi tahu data siapa saja yang telah dicuri.
Manis, Legit dan Gurihnya Awuk-Awuk Makanan Khas Jawa Tengah, Begini Cara Membuatnya

Sabtu, 06-Februari-2021 12:10

Awuk-Awuk
Foto : Craftlog
Awuk-Awuk
7

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Awuk-awuk adalah jajanan basah tradisional Indonesia yang memiliki rasa manis, legit dan sedikit gurih.

Awuk-awuk ini dibuat dengan menggunakan tepung ketan dan gula pasir. Kelapa tua yang di parut dicampurkan dengan tepung ketan dan bahan-bahan lainnya, setelah tercampur semuanya maka adonan dikukus hingga matang. 

Kelapa parut ini menjadikan awuk memiliki tekstur sedikit kasa ketika di kunyah. Dibawah ini telah disajikan resep Awuk-awuk yang istimewa dan lezat. Penasaran yuk simak bahan dan cara membuat Awuk-Awuk yang lezat.

Bahan-bahan- 150 gram tepung ketan

- 150 gram gula pasir

- 200 gram kelapa parut sedang

- 10 gram garam

- Vanili bubuk secukupnya

- Pewarna merah atau hijau secukupnya

Cara membuat

1. Campur semua bahan menjadi satu, aduk rata

2. Jika memakai warna, aduk kelapa parut dengan pewarna lebih dahulu, setelah rata masukkan gula pasir, tepung ketan, garam, dan vanili, aduk rata. Tuang ke dalam loyang ukuran 24 x 24 x4 cm yang telah dialasi dengan daun pisang atau plastik.

3. Kukus ke dalam panci pengukus selama 35 menit hingga matang. Angkat dan biarkan dingin

4. Potong-potong, sajikan Awuk-awuk ini sangat mudah sekali untuk dibuat.

Bahan yang digunakan pun sederhana, murah dan gampang dicari. Tentu resep yang seperti ini yang banyak di idamkan oleh setiap orang bukan.

Resep simple nan lezat ini harus Anda coba untuk membuatnya. Terutama bagi Anda yang merupakan penggemar kue tradisional.

Reporter : Nazaruli
Editor : Nazaruli