Netral English Netral Mandarin
banner paskah
16:13wib
Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Inspektur Jenderal Istiono bakal memberi sanksi dua kali lipat kepada personelnya yang kedapatan meloloskan pemudik pada 6-17 Mei 2021 mendatang. Presiden Joko Widodo meminta semua anggota Kabinet Indonesia Maju dan pimpinan lembaga tinggi negara untuk tidak mengadakan acara buka puasa bersama di tengah pandemi virus corona (Covid-19).
Maknyus, Ini 35 Daftar Jajanan Pasar Khas Indonesia

Kamis, 25-Maret-2021 19:00

Jajanan Pasar
Foto : nnc
Jajanan Pasar
16

JAKARTA, NETRALNEWS.COM  - Siapa yang gemar ngemil? Jika ya, jajanan pasar bisa menjadi salah satu pilihan makanan yang bisa Anda santap untuk mengganjal perut atau untuk berbuka puasa. 

Eits, tetapi tahukah Anda berbagai makanan yang termasuk sebagai jajanan pasar khas Indonesia? Tidak perlu bingung menentukan pilihannya, berikut 35 daftar jajanan pasar khas Indonesia yang bisa Anda cicipi: 

1.Dadar Gulung

Dadar Gulung merupakan jajanan pasar yang cara memasaknya mirip seperti membuat pancake. Uniknya, pancake pada dadar gulung dibuat tipis dan biasanya berwarna hijau alami. Biasanya warna hijau didapatkan dari pewarna pandan atau daun suji.

Pancake tipis berwarna hijau lantas diberi isian kelapa parut dengan campuran gula merah, sehingga rasanya gurih dan manis. Setelah diisi, kulit kemudian digulung sehingga mudah digenggam dan dinikmati, sehingga disebut sebagai dadar gulung. 

2. Nagasari

Siapa yang tahu nagasari? Meski namanya mengandung kata naga, tetapi tidak dengan penampilannya yang seperti naga ya. Nagasari ini juga dikenal oleh sebagian orang dengan sebutan papais. 

Adonan tepung beras dan santan kental, diisi dengan potongan pisang kuning nan manis. Perpaduan bahan tersebut lantas dibungkus dengan daun pisang dan dikukus. Bisa dibayangkan aroma daun pisang yang wangi berpadu dengan rasa gurih manis dari nagasari. 

3. Bugis Ketan

Jajanan pasar manis lainnya adalah Bugis Ketan, yang dikenal berasal dari Sulawesi. Kue ini biasanya berwarna adonan ungu yang gurih dan diberi isian yang manis. 

Isian yang manis berisi kelapa parut dengan gula berwarna putih, tetapi ada juga yang mengisinya dengan parutan kelapa dengan gula merah dengan sensasi gurih manis. Sama seperti nagasari, makanan ini juga dibungkus dengan daun pisang dengan lipatan seperti piramid.

4. Serabi

Jajanan pasar lainnya yang wajib Anda coba adalah surabi atau sebagian orang ada yang menyebutnya dengan kata serabi. Biasanya bahan dasar dari serabi adalah tepung beras dan santan. 

Adonan surabi yang kental lantas dituang di alat masak sebesar piring kecil berbahan dasar tanah liat, tahan panas. Adona dibakar di atas bara arang hingga matang dan diberi topping saus gula merah dan berbagai topping kekinian seperti keju, telur, hingga kornet.

5. Mendut

Sama seperti namanya mendut, konon makanan yang berasal dari Jawa ini berangkat dari kisah Roro Mendut. Bahan dasar dari mendut adalah tepung beras yang gurih dan diisi dengan gula merah yang manis, kemudian dibentuk bulat kecil. 

Biasanya, dua bulatan kecil mendut lantas dimasukkan pada sebuah wadah dari daun pisang yang dibentuk bagai mangkuk. Mendut lantas disajikan dengan kuah santan encer yang gurih dan berpadu daun pisang yang wangi. 

6. Wajik

Jajanan yang berasal dari Jawa ini biasanya berbahan dasar ketan, kemudian dipadukan dengan santan dan gula merah. Campuran bahan tersebut lantas dikukus dan matang dalam keadaan warna ketan yang cokelat. 

Ketan lantas disusun pada sebuah wadah besar dan dipotong serong berbentuk wajik. Tekturnya lengket, kenyal dan manis gurih.

7. Kue Bugis Mandi

Jajanan pasar ini memiliki nama yang unik ya? Karena memang sajiannya bagaikan kudapan yang sedang mandi. 

Makanan ini berbahan dasar tepung ketan yang bisa diberikan pewarna makanan. Adonan tersebut lantas diisi dengan parutan kelapa yang berpadu dengan gula merah, kemudian disajikan dengan siraman saus santan dan maizena yang kental. 

8. Kue Ku

Ku diketahui merupakan kata dalam Bahasa Tionghoa dengan dialek Hokkian. Apabila diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia artinya kura-kura, tidak heran apabila bentuk dari kue ini memang seperti cangkak kura-kura. Tetapi ada juga yang membuatnya menjadi bentuk sayur atau buah.

Uniknya cangkang kura-kura mini diberi warna merah, dengan bahan dasar tepung ketan. Adonan lantas diisi dengan kacang hijau kupas yang manis dan lembut. Disajikan dengan alas daun pisang dan diberi guntingan daun pandan di atasnya. 

9. Kue Putu Ayu

Kue Putu Ayu merupakan jajanan pasar yang biasanya dibuat dari campuran tepung beras dan tepung ketan. Tidak hanya itu, ada bahan lain yang ditambahkan adalah parutan kelapa yang gurih. 

Bahan tersebut lantas disusun di sebuah cetakan yang biasanya berbentuk seperti kembang, dimulai dari parutan kelapa gurih dan tepung yang diberi warna hijau dengan sensasi manis, lalu di masak. Tampilan hasilnya ketika dikeluarkan dari cetakan begitu cantik atau dalam Bahasa Jawa yakni Ayu. 

10. Klepon

Jajanan pasar yang satu ini sepertinya paling populer karena bentuknya yang lucu dan rasanya yang enak, namanya klepon. Klepon berbahan dasar dari tepung beras ketan yang biasanya berwarna hijau alami dari pandan atau daun suji. Adonan lantas dibentuk bulatan kecil. 

Istimewanya, adonan bulatan diberi dengan isian parutan gula merah yang melimpah. etelah itu dikukus dan ketika dalam keadaan panas dan lengket dibalur dengan parutan kelapa. Tekturnya kenyal, kelapa dan tepung beras gurih, berpadu dengan saus gula merah yang pecah di mulut. 

11. Onde-onde

Sama seperti klepon, makanan yang satu ini juga berbentuk bulat, namanya adalah onde-onde. Bahan dasar dari jajanan pasar ini adalah tepung ketan dengan isian kacang hijau yang telah dikupas. 

Onde-onde yang sudah dibentuk bulat lantas dibalur dengan biji wijen putih atau hitam. Setelah seluruh permukaan telah tertutup wijen, maka siap digoreng hingga kuning keemasan. Kulitnya yang gurih akan berpadu dengan manisnya kacang hijau lembut.

12. Lemper

Jajanan pasar yang satu ini juga kerap menjadi primadona para pecinta kuliner, namanya adalah lemper. Lemper merupakan jajanan pasar dengan bahan dasar beras ketan dan santan dengan berbagai isian. 

Lemper apa yang menjadi favorit Anda? Ada lemper yang diisi dengan daging ayam gurih dan ada pula lemper yang diisi dengan abon sapi yang manis. Kemudian lemper disajikan amat wangi karena dibungkus dengan daun pisang. 

13. Kue Putu

Jajanan pasar manis yang satu ini juga sayang apabila Anda lewatkan, namanya adalah kue putu. Berbeda dengan kue putu ayu, kue putu teksturnya lebih mudah hancur dan gembur, serta berbentuk lonjong pendek seperti pipa. 

Kue putu yang berbahan dasar tepung beras ketan ini biasanya memiliki tampilan berwarna hijau. Tidak hanya itu, ada kejutan saus gula merah mencair yang ada di dalam isian kue putu, ditambah dengan sejumput parutan kepala yang gurih, cocok disajikan hangat. 

14. Lumpia

Bagi Anda pecinta gorengan, lumpia bisa jadi salah satu jajanan pasar yang bisa Anda pilih. Lumpia biasanya terdiri dari kulit yang tipis dengan beragam isian tebal nan gurih. 

Isian lumpia pun beragam, ada yang daging ayam atau sapi, rebung, udang, telur dan berbagai bumbu yang telah dimasak sebelumnya. Bahan tersebut lantas diletakkan pada permukaan kulit lumpia, lalu digulung dan digoreng hingga kuning kecokelatan.

15. Kue Putri Noong

Jajanan pasar lainnya yang bisa Anda coba adalah kue putri noong. Lucu ya namanya? Seperti namanya, ternyata penampilan kue ini juga terbilang lucu lho, mampu menarik perhatian siapa saja yang melihatnya karena terdiri dari warna merah, kuning dan hijau bagai pelangi. 

Bahan dasar dari jajan pasar ini adalah singkong yang diparut, kemudian diberikan gula dan pewarna makanan. Serutan singkong lantas diberikan isian sebuah pisang panjang yang manis dan digulung lalu di kukus bagaikan sosis raksasa. Setelah matang lalu diangkat dibalurkan dengan parutan kelapa, dipotong serong, sajikan.

16. Kue Lumpur

Apa yang ada dibenak Anda ketika mendengar kata kue lumpur? Eits, jangan bayangkan makanan ini akan berwarna abu-abu  bagaikan lumpur ya, karena sebenarnya kue ini berwarna kuning. 

Bahan dasar dari kue ini biasanya adalah kentang, kemudian ditambahkan berbagai bahan lalu dimasak dengan panggangan. Kue yang lembut dan manis ini lantas diberikan hiasan kismis alias anggur kering di tengah-tengahnya sebagai pemanis dan hiasan.

17. Misro

Ada lagi olahan dari singkong yang merupakan salah satu jajanan pasar, namanya adalah misro. Diketahui misro merupakan sebuah singkatan dari Bahasa Sunda, amis dijero alias manis di dalam. 

Bahan dasar dari jajanan pasar yang satu ini adalah parutan singkong, dengan diisi oleh gula merah. Adonan lantas dibentuk bulat pipih, lalu digoreng hingga kecokelatan. Ketika disantap, singkong yang gurih akan berpadu dengan lumeran gula merah.

18. Jentik Manis

Ada pula jajanan pasar yang bernama jentik manis atau bisa juga disebut dengan hunkwe. Seperti namanya, makanan ini berbahan dasar dari tepung hunkwe atau tepung kacang hijau. 

Bahan dasar tersebut lantas dicampur dengan pacar cina yang memberikan aksesn bintik-bintik merah muda. Lalu ada tambahan santan dan gula, sehingga rasanya manis serta tekturnya lembut. 

19. Jenang

Jenang merupakan salah satu jajanan pasar khas jawa. Jajanan pasar yang satu ini terbilang unik, karena terdiri dari berbagai komponen. Biasanya terdiri dari bubur sum-sum, bubur pacar cina, dan bulat-bulat dari beras. 

Berbagai bahan lantas dicampur dengan tamabahan santan, serta gula merah. Uniknya, berbagai bahan itu dicampur dalam sebuah wadah daun pisang dan disantap langsung dari daun pisang.

20. Apem

Anda mencari jajanan pasar yang empuk, manis dan mengenyangkan? Bisa jadi apem adalah jawabannya, karena berbahan dasar tepung beras dan tepung terigu. 

Bahan utama itu lantas dicampur dengan gula dan santan. Kemudian dipanggang diatas cetakan berbentuk bulat hingga matang. Aromanya sungguh menggugah selera, rasanya manis dan gurih.

21. Pastel

Bagi Anda yang suka dengan gorengan, pastel bisa jadi salah satu jajanan pasar favorit. Kulit pastel biasanya berbahan dari tepung terigu dan campuran telur yang kalis. 

Kulit tipis lantas diberikan berbagai isian, ada yang isian cincangan sayur, ayam, telur rebus, hingga bihun. Pastel lantas ditutup hingga membentuk setengah lingkaran, lalu dipilin ujungnya dan digoreng hingga kecokelatan. 

22. Arem arem

Bagi Anda yang sedang malas makan, bisa mencoba jajanan pasar yang mengenyangkan ini, namanya adalah arem-arem. Bahan dasar dari jajanan pasar ini adalah beras yang dimasak menjadi nasi gurih. 

Nasi gurih lantas diisi dengan berbagai macam isian sesuai selera, bisa sayur, daging ayam atau daging sapi yang sudah dibumbui. Bungkus nasi dan isian pada daun pisang, gulung dan kukus. Nasi yang mengenyangkan dan isian gurih ini siap mengisi perut Anda.

23. Kue Pukis

Kue pukis bisa jadi salah satu jajanan pasar yang disukai anak-anak, karena rasanya yang manis. Bahan dasar dari makanan ini adalah tepung terigu, telur dan gula. 

Adonan lantas dipanggang diatas cetakan, ketika setengah matang bisa ditambahkan berbagai macam topping. Berbagai macam topping diantaranya adalah cokelat, keju, atau topping lainnya sesuai selera.

24. Putu Mayang

Bagi Anda yang mencari jajanan pasar manis dan empuk, putu mayang bisa jadi pilihannya. Makanan ini berbahan dasar dari tepung beras dan tepung tapioka. 

Uniknya, adonan akan diberikan berbagai warna, ada yang hijau dan merah muda. Adonan lantas disajikan dalam bentuk bagaikan mie tiga warna, putih, hijau dan merah muda. Ketika matang, disajikan dengan saus gula merah degan campuran santan encer.

25. Getuk Lindri

Getuk lindri merupakan jajasan pasar, sajian khas jawa. Bahan dasar dari makanan ini adalah singkong yang diberikan pewarna makanan, diantaranya hijau, merah muda dan cokelat. 

Singkong yang telah diolah lembut dengan gula, lantas dicetak dan dipotong dalam ukuran yang lebih kecil. Potongan getuk lantas diberikan taburan parutan kelapa, sehingga rasanya adalah manis dan gurih. 

26. Kue Lapis Legit

Jajanan pasar yang satu ini sangat cocok untuk disajikan pada tamu yang berkunjung ke rumah Anda, jadi jangan asyik dinikmati makan sendiri ya. Makanan ini berbahan dasar tepung terigu, telur dan gula serta unik pembuatannya. 

Uniknya makanan ini dimasak berlapis-lapis dan tipis, memang membutuhkan kesabaran khusus bagi sang pemasaknya. Biasanya makanan ini hasilnya sekotak loyang, lalu bisa Anda potong kotak kecil dan tipis agar mudah disantap. Hmm manis dan cocok untuk kawan minum teh.

27. Kue Mangkok

Seperti namanya, jajanan pasar yang satu ini memang dimasak di dalam mangkok kecil-kecil. Apabila matang, bagian bawah kue akan tercetak seperti mangkok dan permukaannya mekar seperti bunga. 

Bahan dasar dari jajanan pasar yang satu ini adalah tepung beras dengan campuran gula dan pewarna makanan. Rasanya manis, empuk, dan warnanya yang cantik mampu menarik perhatian siapapun yang akan menyantapnya.

28. Semar Mendem

Makanan yang satu ini merupakan jajanan pasar degan cita rasa gurih dan tekstur yang empuk. Bahan dasar dari jajanan pasar ini adalah tepung terigu dan telur, yang dicampur menjadi encer dan dibuat dadar tipis. 

Dadar telur lantas diisi dengan beras ketan yang sudah matang, lalu ditengahnya diberikan ayam suwir yang sudah dibumbui dan bungkus. Yup, makanan ini memang mirip dengan lemper, perbedaannya kalau semar mendem kulitnya adalah dadar telur, kalau lemper kulitnya adalah daun pisang.

29. Kue Lapis

Suka yang manis-manis? Yuk dicoba jajanan pasar yang satu ini, namanya adalah kue lapis. Bahan dasar dari makanan ini adalah tepung beras, gula dan pewarna makanan, serta santan.

Dinamakan kue lapis, karena memang kue ini dimasak secara berlapis-lapis dan disusun dengan berbeda-beda perpaduan warna. Teksturnya kenyal, rasanya manis dan gurih. Anda bisa melahapnya dengan gigitan atau Anda kuliti satu per satu lapisannya, sama-sama nikmat.

30. Gemblong

Siapa yang tidak tahu makanan ini? Jajanan pasar yang satu ini sepertinya sudah familiar dan amat terkenal, namanya adalah gemblog. 

Bahan dasar dari gemblong adalah tepung ketan yang gurih, serta dibalut dengan gula merah yang mengkristal. Hmm, rasanya manis dan gurih. Awas, makan beberapa biji saja sudah bisa membuat Anda kenyang.

31. Kue Cucur

Jajanan pasar yang satu ini juga terbilang unik, namanya kue cucuk. Bahan tama dari kue ini adalah tepung terigu, tepung beras dan gula merah. 

Adonan lantas digoreng dengan minyak hingga membentuk permukaan bulat. Krispi di pinggir dan empuk di bagian tegahnya, rasanya manis dan jadi favorit banyak orang.

32. Cenil

Jajanan pasar yang biasanya jadi favorit anak-anak adalah cenil. Ya makanan ini berbahan dasar dari tepung tapioka atau tepung kanji yang dibentuk kotak kecil ataupun lonjong kecil bagaikan cacing warna-warni. 

Bagaimana tidak, karena dalam pengolahannya, cenil akan diberikan warna yang menarik seperti kuning, hijau atau merah muda. Kemudian diberikan balutan parutan kelapa yang gurih. Untuk menambah sensasi manis, bisa ditambahkan taburan gula pasir atau saus gula merah yang kental.

33. Kue Talam

Kue talam merupakan jajanan pasar yang juga menjadi favorit banyak orang, salah satunya saat bulan puasa tiba. Bahan dasar dari kue talam adalah tepung beras serta santan. 

Biasanya jajanan pasar ini disajikan dalam bentuk dua lapisan, pertama adalah lapisan berwarna putih dan kedua lapisan berwarna hijau atau oranye. Tetapi apapun warnanya, semua sama-sama enak dan memiliki tektur lembut, manis serta gurih. 

34. Lopis

Hmm, makanan yang satu ini sepertinya menjadi salah satu jajanan pasar yang sering Anda cari namanya adalah lopis. Makanan ini berbahan dasar dari beras ketan yang dibungkus dengan daung pisang berbentuk segitiga dan dimasak hingga matang. 

Apabila daun pisang dibuka, maka beras ketan yang dihasilkan berbentuk segitiga pula dengan warna hijau alami yang menempel dari daun pisang. Bisa dibayangkan aromanya wangi, dan manis dengan pelengkap saus gula merah serta taburan kelapa parut gurih.

35. Bikang

Jajanan cantik, menarik perhatian penampilannya adalah bikang. Jajanan pasar ini berbahan dasar dari tepung beras, tepung terigu dan tepung tapioka. Tidak lupa juga ada tambahan gula juga garam untuk memberikan sensasi manis gurih. 

Adonan ini akan dimasak pada sebuah cetakan, hingga merekah bagaikan bunga. Maka jangan kaget, kalau makanan ini terdiri dari berbagai warna seperti hijau, merah dan putih. Tektrnya empuk dan lembut, serta manis. 

 

 

 

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Irawan HP