Netral English Netral Mandarin
banner paskah
23:07wib
Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Inspektur Jenderal Istiono bakal memberi sanksi dua kali lipat kepada personelnya yang kedapatan meloloskan pemudik pada 6-17 Mei 2021 mendatang. Presiden Joko Widodo meminta semua anggota Kabinet Indonesia Maju dan pimpinan lembaga tinggi negara untuk tidak mengadakan acara buka puasa bersama di tengah pandemi virus corona (Covid-19).
Komjen Listyo Sigit Prabowo Calon Tunggal Kapolri

Rabu, 13-January-2021 12:00

Sigit Listyo calon tunggal Kapolri.
Foto : Antara
Sigit Listyo calon tunggal Kapolri.
11

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Presiden Joko Widodo akhirnya mengirim satu nama calon Kapolri ke DPR yakni Komjen Listyo Sigit Prabowo.

Presiden Jokowi sudah memutuskan Komjen Listyo Sigit Prabowo menjadi calon Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis yang memasuki masa pensiun. Komjen Listyo Sigit Prabowo merupakan salah satu nama yang direkomendasikan Kompolnas dan merupakan calon tunggal Kapolri.

Disetornya nama Komjen Listyo Sigit Prabowo disampaikan oleh Ketua DPR Puan Maharani di gedung DPR, Rabu (13/1/2021). Surat presiden untuk calon Kapolri dikirimkan ke DPR hari ini langsung oleh Mensesneg Pratikno.

Selanjutnya, Komjen Listyo Sigit Prabowo akan diuji kepatutan dan kelayakan oleh Komisi III DPR yang merupakan mitra kerja Polri. Usai menjalani fit and proper test, tahapan selanjutnya adalah pengesahan di paripurna DPR dan dilanjutkan pelantikan di Istana Negara.

Seperti diketahaui, Jenderal Idham Azis akan memasuki masa pensiun pada November 2021.

Dikutip dari merdeka.com, seorang sumber di kalangan parlemen mengungkapkan bahwa Jokowi dikabarkan telah menunjuk Kabareskrim Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo untuk ikut fit and proper test Kapolri di DPR.

Berdasarkan keterangan sumber yang merupakan anggota partai penguasa di parlemen itu, Jokowi memang belum mengirimkan Surat Presiden (Surpres) terkait nama tunggal calon Kapolri yang akan mengikuti seleksi itu.

Menurutnya, surat itu akan dikirim pada Rabu 13 Januari 2020. "Rabu," katanya, singkat.

Reporter : Sulha
Editor : Sulha Handayani