Netral English Netral Mandarin
04:56wib
Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melarang kegiatan buka puasa bersama saat ramadan seiring dengan pandemi Covid-19. Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan melarang total operasi semua moda transportasi darat, laut, udara, kereta pada 6 Mei-17 Meri 2021.
Enam Manfaat Garam Himalaya

Minggu, 21-Maret-2021 08:00

Garam Himalaya sangat baik untuk menghilangkan rasa lelah.
Foto : Healthline
Garam Himalaya sangat baik untuk menghilangkan rasa lelah.
10

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Jika Anda merasa seluruh tubuh terasa lelah tapi Anda termasuk orang yang tidak suka dipijat tangan, apa yang harus Anda lakukan.

Duduk di bangku pijat elektronik, memijat dengan tangan sendiri bagian-bagian yang terasa lelah atau berendam di air garam Himalaya. Mengapa di sebut garam Himalaya? Garam jenis ini bukanlah merek, tapi memang penyebutannya demikian, dan garam ini tidak mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional.

Jika Anda ingin menemukan keaslian garam Himalaya, datanglah ke Nepal, atau Pakistan hampir dipastikan semua toko di sana menjual garam himalaya.

Garam Himalaya disebut-sebut memiliki lebih banyak khasiat dibandingkan garam dapur karena mengandung berbagai mineral yang baik bagi tubuh. Benarkah garam ini lebih baik dari garam dapur?

Garam Himalaya adalah garam dengan warna pink yang berasal dari Khewra Salt Mine, yaitu tambang garam terbesar di kaki pegunungan Himalaya, Pakistan. Garam ini diklaim sebagai garam paling murni di dunia.Pada dasarnya, garam Himalaya serupa dengan garam dapur yang biasa digunakan untuk memasak. 

Yang membedakan keduanya adalah garam Himalaya memiliki warna pink dengan tekstur lebih kasar dan ukuran butiran lebih besar daripada garam dapur yang menyerupai kristal.Garam Himalaya mengandung 98 persen natrium klorida dan sejumlah mineral lain yang meliputi kalium, kalsium, magnesium, sulfur, dan zat besi.Maka dari itu, warna garam Himalaya berbeda dengan warna garam pada umumnya. Warna pink dan perbedaan rasa yang dimiliki oleh garam ini berasal dari kandungan mineral dan zat besi di dalamnya.

Dilansir dari berbagai sumber termasuk laman sehat dan manfaat garam, inilah sederet manfaat garam Himalaya; 

1. Mengandung banyak mineral yang baik bagi tubuh

Salah satu manfaat garam Himalaya adalah mengandung banyak mineral yang baik bagi tubuh. Baik garam dapur maupun garam Himalaya mengandung natrium klorida yang tinggi.Namun, garam Himalaya memiliki 84 mineral yang berbeda, contohnya kalium, kalsium, magnesium, sulfur, dan zat besi. Sejumlah kandungan mineral ini tentu diperlukan oleh tubuh.

Kendati demikian, sebesar 98 persen garam Himalaya terdiri dari natrium klorida, dan hanya sebesar 2 persen sisanya yang merupakan mineral lain dalam konsentrasi kecil.

2. Lebih alami

Banyak orang meyakini bahwa manfaat garam Himalaya yang utama adalah lebih alami daripada garam dapur. Anggapan ini benar adanya.Garam dapur umumnya sudah ditambah zat-zat lain untuk mencegah penggumpalan, seperti natrium aluminosilikat atau magnesium karbonat.Sedangkan, proses penyulingan garam Himalaya tidak menggunakan zat aditif apa pun.           

3. Meningkatkan cita rasa dalam sebuah makanan

Manfaat garam Himalaya lainnya adalah meningkatkan cita rasa dalam makanan. Pasalnya, garam ini memiliki rasa yang berbeda dengan garam dapur berkat beragam kandungan mineralnya.

Selain itu, membubuhkan sejumput garam Himalaya dalam masakan bisa mempersingkat waktu memasak hidangan. Manfaat garam Himalaya ini muncul karena mampu menyebarkan panas dengan lebih merata.Durasi memasak yang lebih singkat juga bisa mencegah agar makanan Anda tidak menjadi terlalu asin dan nilai gizinya tetap terjaga.

4. Menghidrasi tubuh

Manfaat garam Himalaya selanjutnya adalah menghidrasi tubuh. Seperti yang Anda ketahui, tubuh membutuhkan garam guna menjaga keseimbangan cairan.Sama seperti jenis garam lainnya, konsumsi garam Himalaya juga dapat membantu tubuh dalam menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit sehingga memastikan tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

5. Melawan bakteri

Manfaat garam Himalaya dikenal memiliki sifat antimikroba. Tak hanya baik untuk mengawetkan makanan, antimikroba dalam garam juga bisa membantu dalam melawan infeksi di tubuh. Oleh karena itu, garam Himalaya pun dapat berperan sebagai antimikroba alami. Contohnya, dalam mengurangi risiko keracunan makanan. Selain  itu, banyak masyarakat Pakistan menggunakan garam Himalaya sebagai obat luka luar.

6. Mengendalikan tekanan darah

Manfaat garam Himalaya berpotensi membantu Anda untuk mengendalikan tekanan darah. Ini karena garam Himalaya mengandung lebih sedikit sodium dibandingkan dengan garam dapur.

Dalam 1 sendok teh, garam dapur mengandung 2.300 mg sodium, sedangkan garam Himalaya mengandung 2.000 mg sodium.  

Reporter : Sulha
Editor : Sulha Handayani