Netral English Netral Mandarin
banner paskah
23:59wib
Pemerintah kembali memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berskala mikro. Kebijakan ini diperpanjang selama 14 hari, terhitung sejak 20 April. Komite Eksekutif UEFA meresmikan format baru untuk kompetisi Liga Champions yang akan mulai digunakan pada musim 2024/2025.
Lima Destinasi Wisata Keren di Barabai yang Terlupakan

Rabu, 17-Maret-2021 13:00

Salah satu keindahan Barabai yakni Manggasang.
Foto : Antara
Salah satu keindahan Barabai yakni Manggasang.
17

BARABAI, NETRALNEWS.COM - Kota Barabai? Kira-kira tahukah Anda di mana tempatnya? Mungkin banyak yang belum tahu tempat ini. Ya, Barabai berada di Kalimatan Selatan.  

Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) dapat dikatakan surganya Kalimantan Selatan dengan berpuluh-puluh objek wisata alam yang bisa anda nikmati dan rasakan keindahannya.

Tak dapat dipungkiri, alam pegunungan Meratus yang begitu indah dengan sungai-sungai jernih di bawahnya, menjadi daya tarik untuk dikunjungi di akhir pekan bersama keluarga. Sekadar melepas penat dan juga berlibur menghilangkan stres selama seminggu bekerja.

1. Riam BajandikRiam Bajandik terletak di Desa Baru, Kecamatan Batu Benawa, jaraknya kurang lebih 9 km dari Kota Barabai dan bisa ditempuh dengan mudah menggunakan mobil maupun motor.

Disamping menawarkan keindahan alam pegunungan dan sungainya, objek wisata itu juga menyediakan spot-spot foto yang menarik. Anda juga bisa membawa bekal atau masak-masak bersama teman atau keluarga anda sambil bersuka ria mandi di sungainya yang terbilang jernih.

Objek wisata ini juga sangat dijaga kebersihannya dan pengelola juga menyediakan kamar ganti dan WC serta beraneka ragam permainan air untuk anak-anak.

Dok: Antara

2. Pulau MasObjek wisata ini terletak hanya sekitar 1 km dari Riam Bajandik, sama-sama berlokasi di Desa Baru, Kecamatan Batu Benawa. keindahan yang ditawarkan kurang lebih sama, dan setiap minggunya juga dihibur dengan beragam musik untuk para pengunjung, di lokasi itu anda juga bisa menaiki jukung untuk menyusuri sepanjang sungai.

Spot-spot fotonya pun tidak kalah menarik untuk diabadikan dan ke lokasi sana anda cukup membayar biaya tiket parkir mobil atau motor saja. Pengunjungnya juga hampir puluhan ribu tiap minggunya.

Dok: Banjarpos

3. Gua LimbuhangWisata ini terletak di Desa Haliau Kecamatan Batu Benawa, atau sekitar 3 km sebelum objek wisata Riam Bajandik. Objek wisata ini menawarkan Keindahan gua berair di sebuah danau yang begitu eksotis dan spot foto yang berbeda dengan objek wisata lainnya.Sekarang ini, objek wisata itu juga menyediakan kolam renang yang bisa anda nikmati bersama anak-anak dan keluarga.

Dok: Antara

4. Baruh BungaObjek wisata ini tergolong lebih dulu dibandingkan 3 objek wisata di atas dan lokasinya hampir berdampingan dengan Gua Limbuhang. Baruh Bunga menawarkan wisata yang lebih modern yaitu menyediakan fasilitas waterpark dan beberapa kolam bermain anak.

Disamping itu, biasanya juga dijadikan lokasi camping, karena tersedia lapangan yang begitu luas dengan sarana yang lengkap seperti Mushalla, gazebo, tempat menginap, aula pertemuan, wc dan kamar ganti.

Selain itu juga terdapat fasilitas oubond seperti flying fox mini, hing rope bamboo, hing rope monkey, wall climbing jembatan tali, arung jeram, dan lain-lain.

Dok: Antara

5. ManggasangObjek wisata di belakang rumah warga ini terletak di Kecamatan Batu Benawa dan menjadi perbatasan dengan Kecamatan Hantakan. Dulunya merupakan tempat persinggahan untuk mencuci mobil atau motor. Karena kendaraan bisa langsung turun ke dekat sungai.

Seiring waktu, pengelola Manggasang ini terus berbenah dan dijadikan objek wisata yang sangat menarik untuk mandi atau berendam, di samping airnya yang dingin dan jernih sumber dari arus pengunungan meratus, spot berswafoto juga menarik dan indah. 
 

Reporter : Sulha
Editor : Sulha Handayani