Netral English Netral Mandarin
banner paskah
15:10wib
Manchester City resmi menjadi juara Liga Inggris musim ini setelah pesaing terdekat mereka, Manchester United, kalah dari Leicester City dalam laga pada pekan ke-36 di Stadion Old Trafford, Rabu (12/5 Program vaksinasi gotong royong akan dimulai setelah Idul Fitri, tepatnya pada 17 Mei 2021.Pengadaan vaksin untuk program ini dilakukan oleh pemerintah melalui Kementerian Badan Usaha Milik Negara.
Video Pandji Kampanyekan Rumah DP 0 Kembali Viral, Netizen: Stand Up Comedy Terbaik

Jumat, 19-Maret-2021 19:30

Komika Pandji Pragiwaksono.
Foto : Fajar
Komika Pandji Pragiwaksono.
26

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Program rumah DP 0 Rupiah tengah menjadi sorotan publik menyusul diubahnya batas maksimal gaji bagi calon pembeli hunian yang menjadi salah satu program andalan Gubernur Anies Baswedan itu.

Pemprov DKI yang awalnya menetapkan Rp 7 juta sebagai batas atas penghasilan calon pembeli rumah DP 0, kini direvisi menjadi Rp 14,8 juta. Hal itu tertuang dalam Keputusan Gubernur DKI Nomor 588 Tahun 2020.

Keputusan Anies Baswedan itu mendapat kritik dari banyak pihak lantaran dinilai tidak sesuai dengan janjinya semasa kampanye Pilkada DKI 2017 lalu bahwa program rumah DP 0 diperuntukkan bagi masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah atau masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Di tengah polemik perubahan syarat bagi warga yang ingin membeli rumah DP 0 Rupiah itu, nama komika Pandji Pragiwaksono ikut menjadi buah bibir netizen.

Pasalnya, Pandji yang di Pilkada DKI 2017 menjadi juru bicara tim pemenangan Anies-Sandi, diketahui getol mengkampanyekan program rumah DP 0 Rupiah.

Video-video Pandji mengkampanyekan program rumah DP 0 yang disebut menyasar masyarakat Jakarta yang kurang mampu, kembali diviralkan netizen, salah satunya akun Twitter @ChusnulCh_.

Akun tersebut mengunggah potongan video penjelasan Pandji soal rumah DP 0 Rumah di acara Mata Najwa pada April 2017 lalu.

"Ini adalah untuk warga Jakarta berpenghasilan 4-7 juta/bulan, satu keluarga, ini untuk orang-orang yang bukan pekerja formal tapi pekerja informal. Anda fotografer, anda Youtuber bahkan, kalau anda penghasilan sebulan 4-7 juta, ini adalah program untuk anda, atau untuk milenials. 30 persen warga Jakarta yang lagi mikir 'saya pingin punya rumah, di mana?', nah itu adalah program yang desain untuk warga-warga seperti ini," kata Pandji dalam video itu.

"Sekarang anda lagi menyaksikan dan anda lagi mikir 'saya pingin kawin tapi pingin punya rumah gimana ya?', ini bisa jadi program untuk anda. Banyak yang mikir 'wah ini nggak masuk akal nih, orang miskin kan nggak bisa gitu (punya rumah DP 0)?. Saya mengkampanyekan program DP 0 di sosial media, udah jelas yang disasar itu sebenarnya siapa," jelas Pandji.

Pernyataan Pandji yang tidak sesuai dengan realisasi rumah DP 0 saat ini, membuat akun @ChusnulCh_ melontarkan sindiran. Ia menyebut apa yang disampaikan Pandji dalam video itu merupakan stand up comedy.

"Assalamualaikum.. Selamat pagi teman- teman. Tonton Stand Up Comedy dulu dari mas @pandji biar hari ini kita selalu ceria, semangat ya. (emoji tertawa)," tulis akun @ChusnulCh_, Jumat (19/3/2021).

Unggahan video @ChusnulCh_ itu ramai dikomentari netizen. Mereka ikut  menyindir Pandji dengan menyebut bahwa apa yang disampaikan dalam video tersebut merupakan materi lawakan.

Berikut beberapa komentar netizen seperti dilihat netralnews.com di akun Twitter @ChusnulCh_.

"Pandji memang cerdas dalam milih konten, dengan begini dia ikut menjelaskan bahwa dari pertama nya..memang program ini program komedi," sentil @DDonggala.

"The best stand up commedy i've seen," kata @johanset1.

"Emang yee pandji materi stand up nya out of the box, gak mainstream atau memang dia sebenarnya anak indie? (emoji tertawa)," sindir @senja2018.

"Pertama di dunia, Stand Up komedi yang bikin tertawa setelah 3 tahun kemudian.. (emoji tertawa)," komentar @ki_tenjo.

"Bang @pandji banyak yang kena prank nih, ayo dong klarifikasi. Bilang ini cuma lucu-lucuan yang gak lucu, namanya juga komedian," sentil @hongs805.

"@pandji  itu lagi stand up apa lagi Ngibul ya..kok saya susah bedainya," kata @sabdopalon77.

"Hahahahahahahahahuakakakakakakak.. petjah sekali sodara-sodara.. KOMPOR GAS," komentar @BangNiel.

"Kapan sih twitter mo kasih tambahan option tombol ketawa? Konten selucu ini rasanya ga cukup kalau hanya diretweet atau like aja, tapi sangat layak untuk ditertawakan," tulis @masbhima.

"Si @pandji  kan memang lagi stan up comedy.. Jadi salahnya dimana.?? (emoji tutup mulut)," satire @MDjoelies.

 

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Widita Fembrian