Netral English Netral Mandarin
banner paskah
05:53wib
Kepolisian Republik Indonesia (Polri) akan memperpanjang sanksi putar balik kendaraan pemudik hingga 24 Mei 2021. Pemerintah menyiapkan langkah antisipasi arus balik Lebaran yang diprediksi terjadi pada H+3 dan H+7 Lebaran atau sekitar 16 dan 20 Mei 2021.
Survei: Jika Pilpres Digelar Hari Ini, Anies Baswedan Jadi Presiden Versi Anak Muda

Minggu, 21-Maret-2021 21:10

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan
Foto : Istimewa
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan
42

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Lembaga Indikator Politik Indonesia melakukan survei untuk mengetahui suara anak muda tentang isu-isu sosial politik yang tengah berkembang di tanah air saat ini, salah satunya adalah soal pemilihan presiden (pilpres).

Survei Indikator Politik Indonesia dilakukan pada 4-10 Maret 2021 menggunakan sambungan telepon dengan melibatkan 1.200 responden anak muda berusia 17-21 tahun. Margin of error survei kurang lebih sebesar 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Dalam surveinya, Indikator Politik Indonesia mengajukan pertanyaan kepada para responden anak muda "Jika pemilihan presiden diadakan sekarang, siapa yang akan Anda pilih sebagai presiden di antara nama-nama berikut?".

Hasilnya, nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan paling banyak dipilih anak muda sebagai presiden. Ia meraih suara sebesar 15,2 persen.

Posisi kedua ditempati Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan 13,7 persen, disusul Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) dengan meraih dukungan responden sebesar 10,2 persen.

Kemudian Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno di urutan keempat dengan meraih 9,8 persen suara responden. Sementara Menteri Pertahanan yang juga Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menempati posisi kelima dengan9,5 persen.

"Saat ini, lebih banyak anak muda yang belum memilih nama untuk menjadi Presiden jika pemilu diadakan sekarang," tulis Indikator Politik Indonesia dalam rilis surveinya, Minggu (21/3/2021).

"Di antara nama-nama yang ada, pilihan lebih banyak pada Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, Ridwan Kamil, Sandiaga Uno, dan Prabowo Subianto. Nama-nama lain lebih sedikit dipilih," demikian disampaikan Indikator seperti dilansir dari laman websitenya.  

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Sesmawati