Netral English Netral Mandarin
banner paskah
12:30wib
Ketua PP Muhammadiyah Bidang Hukum dan HAM Busyro Muqqodas menyebut riwayat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tamat di tangan pemerintahan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengingatkan anak buahnya untuk mengawasi pergerakan orang di Hari Raya Idul Fitri. Khususnya mengantisipasi kerumunan akibat silaturahmi.
Suasana dan Informasi Tiket Terbaru ke Penangkaran Rusa Ranca Upas Bandung 

Senin, 22-Maret-2021 13:30

Penangkaran Rusa Ranca Upas Bandung
Foto : Netralnews Visual
Penangkaran Rusa Ranca Upas Bandung
19

BANDUNG, NETRALNEWS.COM – Kota Kembang, Bandung seolah jadi gudang berbagai destinasi wisata untuk liburan bersama keluarga maupun kerabat. Ada tersedia berbagai macam jenis wisata mulai dari wisata alam, wisata keluarga, wisata Instagramable, hingga wisata kuliner.

Salah satu destinasi wisata alam terpopuler yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga dan kerabat adalah Penangkaran Rusa. Ya, Anda tentu akan melihat hingga berinteraksi dengan hewan bertandung cabang ini. 

Lokasi wisata ini ada di Jalan Raya Ciwidey – Patengan, Nomor 11, Patengan, Rancabali, Bandung, Jawa Barat. Anda bisa datang ke lokasi ini sedari pagi, pukul 7.30 sampai dengan pukul 17.00 WIB. 

Apabila ingin memasuki kawasan ini, Anda perlu menyiapkan uang sebesar Rp 22 Ribu untuk biaya tiket masuk. Siapkan juga biaya parkir kendaraan, Rp 6 Ribu untuk motor, Rp 11 Ribu untuk kendaraan roda empat dan Rp 27 Ribu untuk kendaraan roda enam. Terjangkau bukan? 

Sejauh ini belum ada aturan wajib untuk membawa surat tes Covid-19 bagi para pengunjung, tetapi Anda diwajibkan mematuhi berbagai protokol kesehatan. Maka dari itu tidak heran apabila Anda akan diminta untuk mencuci tangan saat memasuki penangkaran, di cek suhu, dan diminta saling menjaga jarak antar pengunjung. 

Memasuki penangkaran Rusa, Anda juga ditawarkan untuk membeli sejumlah paket Sayur Wortel. Harga paket berkisar Rp 10 sampai dengan Rp 20 Ribu, untuk selanjutnya diberikan pada puluhan Rusa di penangkaran. 

Setelah masuk penangkaran, Anda akan disapa dengan pemandangan rumput hijau yang luas. Anda juga aan disajikan dengan pemandangan perbukitan yang indah, tinggi dan gagah. Tidak heran apabila suasananya sangat sejuk dan udaranya juga dingin. 

Anda kemudian akan disambut degan puluhan Rusa Timor di penangkaran. Rusa Timor merupakan rusa asli dari Indonesia selain Rusa Bawean, Rusa Sambar, dan Rusa Menjangan. 

Rusa Timor memiliki nama latin Cervus timorensis. Rusa ini diperkirakan asli berasal dari Jawa dan Bali. Rusa juga ditetapkan menjadi fauna identitas Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). 

Jangan kaget, apabila Rusa-rusa tidak segan datang menghampiri Anda, pasalnya Rusa di penangkaran ini sudah terbiasa dengan kehadiran para pengunjung. Apalagi bila Anda datang di pagi hari, saat Rusa belum diberi makan oleh petugas, aroma Wortel yang Anda bawa tentu akan menarik perhatian dan menguggah selera hewan berkaki empat ini. 

Meski demikian, Anda tidak perlu takut. Anda bisa berinteraksi dengan mengelusnya dan menjulurkan Wortel ke mulut Rusa yang pasti akan segera melahapnya. 

Anda juga bisa berfoto dengan puluhan Rusa yang memiliki beragam ukuran. Ada yang masih kecil, bahkan ada pula Rusa yang mungkin ukuran tubuhnya bisa melebihi ukuran tubuh Anda. Selain itu ada pula Rusa yang tidak bertandung, tetapi ada banyak pula Rusa yang memiliki tanduk hingga bercabang-cabang.

Sesekali, ada pula Rusa dengan tanduk bercabang yang saling beradu di tengah penangkaran. Tentu pemandangan ini bisa menjadi daya tarik tersendiri dan sayang untuk dilewatkan dan tidak diabadikan. 

Bagi Anda yang takut dengan hewan berbulu ini, jangan khawatir, pasalnya ada lokasi panggung kayu dan jalan dengan sisi kanan kiri yang terhalang pagar. Meski kerap memasuki wilayah tersebut, setidaknya Anda bisa menghindar dari kepungan Rusa. 

Tidak hanya bermain di penangkaran Rusa saja, Anda juga bisa berkemping dan bermalam di wisata alam yang asri ini. Biayanya juga sangat terjangkau, yakni hanya sebesar Rp 11 Ribu saja per orang dan per malam. 

Anda juga bisa mengunjungi wahana lainnya seperti kolam renang, area bermain anak, berkuda, archery. Beragam wahana itu dibandrol dengan harga Rp 10 Ribu sampai dengan Rp 50 Ribu. 

Apabila Anda yang ingin melihat secara visual keadaan penangkaran Rusa Ranca Upas, bisa juga melihat tayangan di Kanal Youtube Netralnewsdotcom. 

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sulha Handayani