Netral English Netral Mandarin
banner paskah
12:47wib
Ketua PP Muhammadiyah Bidang Hukum dan HAM Busyro Muqqodas menyebut riwayat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tamat di tangan pemerintahan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengingatkan anak buahnya untuk mengawasi pergerakan orang di Hari Raya Idul Fitri. Khususnya mengantisipasi kerumunan akibat silaturahmi.
Seperti Chen Jifang yang Viral di TikTok, Mayoritas Lansia di China Rutin Jaga Kebugaran dengan Berolahraga 

Minggu, 07-Maret-2021 12:30

Chen Jifang, nenek usia 70 tahun kuat mengangkat barbel ini viral di Douyin atau TikTok
Foto : China Daily
Chen Jifang, nenek usia 70 tahun kuat mengangkat barbel ini viral di Douyin atau TikTok
43

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Wanita lanjut usia asal Shanghai, China, Chen Jifang menjadi bintang di platform jejaring sosial Douyin, atau secara global dikenal dengan TikTok. 

Akun nenek berusia 70 tahun ini telah mengumpulkan lebih dari 400.000 pengikut dalam beberapa bulan untuk video pelatihan kebugarannya. 

Chen dianggap telah memberi inspirasi bahwa menjaga kebugaran dan melawan masalah kesehatan dengan berolahraga itu penting, 

"Kita tidak bisa menghentikan penuaan, tapi olahraga bisa memperlambatnya," kata Chen seperti dikutip dari China Daily, Minggu (7/3/2021).

"Daripada menghabiskan uang untuk obat, lebih baik menghabiskan uang untuk kebugaran."

Menurut laporan Cheetah Mobile 2019 tentang perilaku kebugaran orang paruh baya dan orang tua, hampir 90 persen orang seperti itu di Tiongkok memiliki kebiasaan kebugaran sementara 66,4 persen di antaranya berolahraga hampir setiap hari.

Laporan tersebut juga mencatat bahwa cara tradisional bagi lansia untuk tetap bugar, seperti menari persegi dan tai chi, tidak dapat memenuhi kebutuhan baru dari populasi lansia yang terobsesi dengan kebugaran.

"Karena jumlah orang yang berusia di atas 50 tahun yang memasuki gym meningkat, gym mencoba mengembangkan kursus baru untuk memenuhi kebutuhan mereka," kata Yao Ning, CEO 3HFIT, agensi yang mensertifikasi pelatih kebugaran.

Menurut Yao, 3HFIT telah menyiapkan program pelatihan unik untuk lansia yang bertujuan untuk mencegah dan memperlambat terjadinya penyakit kronis, menunda penurunan fungsi tubuh dan menjaga kesehatan.

Pria berusia 62 tahun itu juga menyelenggarakan sesi pelatihan berbasis rumah secara teratur.

“Kita semua adalah orang tua. Kita perlu melakukan beberapa latihan untuk menjaga fungsi tubuh kita, termasuk menjaga sendi kita tetap fleksibel dan stabil serta menjaga kapasitas kita,” ujarnya.

Reporter : Irawan HP
Editor : Irawan HP