Netral English Netral Mandarin
banner paskah
07:38wib
Leicester City berhasil menyabet gelar juara Piala FA usai membungkam Chelsea 1-0 di Stadion Wembley, Sabtu (15/5). Gol tunggal kemenangan The Foxes dicetak oleh Youri Tielemans di menit ke-63. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memutuskan untuk menutup sementara Taman Impian Jaya Ancol, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), dan Taman Margasatwa Ragunan, pada 16-17 Mei 2021.
Pesona Taman Edelweiss di TWA Gunung Papandayan Terbaru, Cocok untuk Liburan Keluarga

Kamis, 25-Februari-2021 14:00

Taman Wisata Alam Papandayan
Foto : NNC/YC Kurniantoro
Taman Wisata Alam Papandayan
27

GARUT, NETRALNEWS.COM – Apakah Anda pernah melihat dan menyentuh Bunga Edelwiss atau yang dijuluki sebagai Bunga Abadi? Jika belum pernah, tidak ada salahnya Anda berkunjung ke Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Papandayan yang ada di Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Eits, tapi jangan menduga Anda harus menaiki puncak Gunung Papandayan untuk melihat bunga yang satu ini ya. Tenang saja, Anda tidak perlu mengeluarkan tenaga ekstra untuk mendaki atau menyiapkan perbekalan di perjalanan, karena spot yang satu ini sangat mudah untuk di akses.

Tidak heran wisata Taman Edelweiss ini cocok bila Anda kunjungi bersama sanak keluarga, khususnya di waktu libur. Tidak sampai lima menit dari lokasi parkiran kendaraan, Anda dan keluarga sudah bisa memasuki kawasan Taman Edelweiss.

Apabila datang ke wisata Garut yang satu ini, disarankan untuk datang saat cuaca sedang cerah. Pasalnya wisata Garut ini merupakan wisata alam outdoor dan seru untuk dijelajah saat cuaca tengah bersahabat.

Tidak perlu takut kepanasan, karena udara di kawasan TWA Gunung Papandayan ini amat sejuk dan dingin. Justru Anda dan keluarga disarankan untuk mengenakan pakaian hangat, bisa juga mempersiapkan payung apabila cuaca tiba–tiba mendung dan hujan. Brrr, bisa–bisa Anda kedinginan karena lokasi Taman Edelweiss ada di kawasan kaki Gunung Papandayan.

Memasuki gerbang masuk Taman Edelweiss, Anda akan disambut dengan gemericik air. Di atasnya, Anda akan melewati jembatan kayu yang berhias tanaman merambat dan berbunga merah muda. Sampai di titik ini, Anda pasti sudah tidak tahan ingin berfoto karena spotnya yang cantik.

Melanjutkan langkah kaki, Anda langsung disambut oleh hamparan Bunga Edelweiss atau yang memiliki bahasa Latin, Anaphalis javanica. Apabila beruntung dan datang di momentum yang tepat, Anda bisa melihat Bunga Abadi ini bermekaran dan menjadi pengalaman unik serta tak terlupakan.

Selain melihat, Anda juga bisa menyentuh Bunga Edelweiss lho. Tapi ingat, bunga ini tidak boleh dipetik apalagi di bawa pulang ke rumah untuk buah tangan dan kenang–kenangan. Anda cukup mengabadikan momentum keindahan itu dengan kamera atau gawai bersama keluarga.

Tidak hanya Bunga Edelweiss saja, Anda juga bisa melihat berbagai tanaman lain yang sama–sama cantik dan indah. Ada yang berwarna merah, kuning tua, kuning muda, hingga biru. Bentuknya juga unik, ada yang berupa dedaunan, bunga bermekaran, hingga kumpulan mahkota bunga yang membulat seperti bola–bola. Buat penasaran kan?

Di wisata Garut ini juga tidak hanya diisi oleh bunga–bunga saja, ada juga pepohonan yang batang–batangnya tinggi menjulang. Menariknya, Anda bisa menelisip masuk di sela pepohonan dan membawa sensasi sedang berada di tengah hutan belantara, bagaikan ada di Film Twilight!

Sudah lelah berkeliling, Anda bisa duduk sejenak di bangku–bangku taman yang sudah disediakan. Ada kursi yang disediakan di antara pepohonan, hingga ada pula gazebo–gazebo dari bambu yang mampu menampung sanak keluarga.

Belum puas juga? Anda dan keluarga bisa juga bermalam di Taman Edelweiss. Tenang saja, Anda dan keluarga tidak harus repot membangun tenda dan berkemah pasalnya ada banyak penginapan yang ditawarkan di spot ini.

Berbagai penginapan tentu bisa Anda sewa untuk sekedar menghabiskan waktu semalam dengan menikmati pesona pegunungan. Dijamin Anda tidak akan menyesal, karena berbagai penginapan di wisata Garut yang satu ini bentuknya unik dan etnik. Harganya juga beragam, tergantung keperluan dan disesuaikan dengan jumlah orang yang menginap.

Anda akan dimanjakan dengan gagahnya penampakan Gunung Papandayan. Ada sisi yang menunjukkan tebing cokelat yang kuat, ada sisi pegunungan yang masih asri dan hijau, hingga bagian gunung berkawah bagai tengah mengepul dan berasap.

Selain menikmati pesona Taman Edelweiss, Anda dan keluarga juga bisa mengelilingi berbagai spot yang ada di TWA Gunung Papandayang yang lainnya. Diantaranya ada menara pandang, kolam terapi air belerang, tebing sunrise, Ghober Hoet, air terjun, Pondok Saladah, Hutan Mati, area kawah dan Danau Kawah Baru.

Tiket masuk kawasan TWA Gunung Papandayan ini juga masih terbilang terjangkau. Pengunjung nusantara akan dikenakan biaya sebesar Rp20 ribu di hari biasa dan Rp30 ribu di hari libur. Tarif parkir kendaraan juga perlu diketahui, yakni mematok harga Rp12 ribu untuk motor dan Rp25 ribu untuk kendaraan roda empat.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : YC Kurniantoro