Netral English Netral Mandarin
banner paskah
14:22wib
Pasukan TNI/Polri yang tergabung dalam Satgas Nemangkawi menembak mati Lesmin Waker, Komandan Pasukan Pintu Angin Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Lekagak Telenggen di Papua. Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta warga untuk mewaspadai hujan lebat disertai petir yang diperkirakan bakal mengguyur sejumlah wilayah pada hari kedua Lebaran, Jumat (14/5).
Pemerintah Diminta Siaga Hadapi Virus Nipah, HNW: Jangan Lagi Sepelekan, Apalagi Tiktokan

Jumat, 29-January-2021 12:00

Politisi PKS Hidayat Nur Wahid.
Foto : PKS
Politisi PKS Hidayat Nur Wahid.
22

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid (HNW) meminta pemerintah segera siap siaga menghadapi kemungkinan penyebaran Virus Nipah. HNW menilai tindakan itu harus dilakukan oleh pemerintah sekalipun disisi lain harus mengatasi Pandemi Covid−19.

Dia minta pemerintah tidak lagi menyepelekan Virus Nipah yang kabarnya berpotensi jadi pandemi besar, apalagi ditanggapi dengan bermain Aplikasi Tiktok. Menurut HNW, tindakan itu sempat dilakukan pemerintah saat menyikapi awal Pandemi Covid−19.

“Jangan lagi menyepelekan, apalagi sampai “tiktokan”, spt saat awal sikapi penyebaran covid−19.,” ujar HNW, dikutip dari cuitannya, Jumat (29/1/2021).

Dilansir dari laman The Guardian, Direktur Eksekutif Access to Medicine Foundation Jayasree K Iyer menyoroti wabah virus Nipah di Cina, dengan tingkat kematian hingga 75%, berpotensi menjadi risiko pandemi besar berikutnya.

Pernyataan itu disapaikan oleh dia yang bekerja di lembaga berbasis di Belanda. Sebuah organisasi nirlaba yang didanai oleh Pemerintah Inggris dan Belanda dan lainnya.

“Virus Nipah adalah penyakit menular lain yang muncul dan menimbulkan kekhawatiran besar. Nipah bisa meledak kapan saja. Pandemi berikutnya bisa jadi infeksi yang resistan terhadap obat,” ujar Jayasree K Iyer.

Nipah dapat menyebabkan masalah pernafasan yang parah dan ensefalitis, pembengkakan otak, dan memiliki angka kematian 40% sampai 75%, tergantung di mana wabah itu terjadi. Kelelawar buah adalah inang alaminya.

 

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sulha Handayani