Netral English Netral Mandarin
banner paskah
05:56wib
Pasukan TNI/Polri yang tergabung dalam Satgas Nemangkawi menembak mati Lesmin Waker, Komandan Pasukan Pintu Angin Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Lekagak Telenggen di Papua. Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta warga untuk mewaspadai hujan lebat disertai petir yang diperkirakan bakal mengguyur sejumlah wilayah pada hari kedua Lebaran, Jumat (14/5).
Jika Temui Gejala Ini Pada Mobil, Saatnya Anda Perlu Ganti Aki

Kamis, 01-April-2021 17:18

Mekanik mengganti aki atau baterai mobil.
Foto : cashcarsbuyer.com
Mekanik mengganti aki atau baterai mobil.
19

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Aki adalah komponen yang penting pada sebuah mobil. Meskipun alternator mobil bisa memenuhi kebutuhan kelistrikan mobil saat mesin menyala, aki wajib digunakan untuk menyalakan mesin.

Aki memang memiliki jangka waktu pemakaian, namun seringkali habis sendiri dan membuat mobil tidak menyala jika kurang dirawat.

Nah, ada beberapa gejala yang bisa digunakan untuk mengetahui kapan perlu ganti aki.

Seperti dikutip dari laman hyundaimobil.co.id, Kamis (1/4/2021), tiga hal ini dapat dijadikan petunjuk bahwa Anda perlu segera membeli aki baru agar tak ada masalah saat ingin berkendara, yaitu:

1. Starter Lebih Pelan

Ketika aki sudah mulai lemah, kemampuan menyalakan mobil pun berkurang. Hal ini bisa dirasakan ketika starter mobil terasa lebih lama dan suara motor starter tidak sekencang biasanya.

2. Indikator Aki

Aki seringkali memiliki indikator jika kekurangan setrum. Periksalah indikator tersebut untuk mengetahui kondisi aki bila tersedia.

3. Perhatikan Usia Aki

Aki memiliki usia. Pada aki kering, umumnya tahan hingga 2 tahun. Nah, untuk jadi patokan, bila usia aki sudah melebihi 2 tahun, jangan kaget jika anda menemui masalah mati aki mendadak dan mobil tak bisa digunakan.

Reporter : Dimas Elfarisi
Editor : Irawan HP