Netral English Netral Mandarin
banner paskah
06:56wib
Kepolisian Republik Indonesia (Polri) akan memperpanjang sanksi putar balik kendaraan pemudik hingga 24 Mei 2021. Pemerintah menyiapkan langkah antisipasi arus balik Lebaran yang diprediksi terjadi pada H+3 dan H+7 Lebaran atau sekitar 16 dan 20 Mei 2021.
Heboh 'Pak Ganjar Jarang Salat', Terkait Tiga Serangkai? Eko: Serangan Sudah Diarahkan, Mengerikan...

Senin, 08-Februari-2021 18:04

Viral soal Mapel Agama Islam menyebut 'Pak Ganjar' Jarang Salat dan Tak Pernah Bersyukur
Foto : Istimewa
Viral soal Mapel Agama Islam menyebut 'Pak Ganjar' Jarang Salat dan Tak Pernah Bersyukur
18

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Di sosial medal viral Foto soal ujian mata pelajaran pendidikan agama islam tertera nama Pak Ganjar.

Tokoh Pak Ganjar dideskripsikan sebagai orang islam, namun tidak salat. Siswa lantas diminta untuk menyebut sifat tokoh itu tergolong yang mana.

Berikut bunyi soalnya.

Meskipun sudah mendapatkan rezeki yang banyak, Pak Ganjar tidak pernah bersyukut. Sebagai orang isla,. ia pun tidak pernah melaksanakan salat. Pak Ganjar termasuk orang yang...

a. beruntung, b. beriman, c. bangkrut   d. rugi

Pegiat media sosial Eko Kuntadhi, Senin (8/2/21) langsung menanggapi.

"Wah, serangan sudah mulai diarahkan ke Ganjar. Mengerikan pola kayak gini."

Tak lama kemudian, Eko Kuntadhi menambahkan: "Ohh ini salah satu petinggi penerbit Tiga Serangkai..." sambil membagikan gambar seorang tokoh di samping bendera hitam berlafas bahasa Arab.

Sementara itu, soal ujian itu juga dibagikan oleh pengguna Twitter @Gus_Raharjo. Dia bahkan menuliskan narasi di mana soal tersebut muncul.

"Nama Pak Ganjar, muncul pada soal di buku ajar Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti untuk kls 3 dan 4SD. Anehnya, di buku itu disebut sbgai sosok yg tak pernah bersyukur, sebab tiap Idul Adha tak pernah berkurban, bahkan tak pernah salat," tulisnya

Dia bertanya-tanya mengapa mesti memakai kata Pak Ganjar. Pengunggah pun memention akun penerbit buku dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

"CC: @Tiga_Serangkao, @ganjarpranowo. Hhmmm…Kenapa kok harus pakai nama Ganjar ya, padahal kan ada banyak nama yang bisa dipilih. Buku terbitan PT Tiga Serangkai Solo terbitan tahun 2020 yang ditulis Ali Shodiqin ini tidak beredar di Jateng, namun diedarkan di SDIT Bekasi", tulisnya.

Hingga berita ini ditulis, Netralnews masih mencoba mengonfirmasi ke pihak Tiga Serangkai terkait beredarnya soal tersebut.

Reporter : Taat Ujianto
Editor : Taat Ujianto