Netral English Netral Mandarin
banner paskah
06:17wib
Pasukan TNI/Polri yang tergabung dalam Satgas Nemangkawi menembak mati Lesmin Waker, Komandan Pasukan Pintu Angin Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Lekagak Telenggen di Papua. Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta warga untuk mewaspadai hujan lebat disertai petir yang diperkirakan bakal mengguyur sejumlah wilayah pada hari kedua Lebaran, Jumat (14/5).
Fakta Tentang Kelebihan Serta Kekurangan Penggunaan Face Shield

Kamis, 08-April-2021 20:30

Face shield banyak digunakan masyarakat saat ini.
Foto : Blibli
Face shield banyak digunakan masyarakat saat ini.
12

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Selain menggunakan masker, memakai alat pelindung diri seperti face shield atau pelindung wajah menjadi pilihan alternartif bagi beberapa orang untuk mencegah infeksi virus covid-19.

Sebenarnya, face shield sendiri telah banyak digunakan oleh petugas kesehatan dalam berbagai prosedur kesehatan, seperti pembedahan atau operasi yang memungkinkan terjadinya keluarnya darah atau cairan dari tubuh pasien.

Menggunakan face shield memiliki tujuan untuk melindungi area muka terutama dahi, mata, hidung dan mulut sehingga tidak terkena darah atau cairan tubuh pasien saat dilakukan prosedur medis.Menurut spesialis penyakit menular Frank Esper, pemakaian face shield juga sangat cocok untuk mencegah terjadinya penyebaran virus covid-19 karena cakupan area perlindungannya yang jauh lebih luas daripada masker.

Riset 2014 juga telah membuktikan bahwa pemakaian face shield sebagai alat pelindung diri, dapat mengurangi terjadinya paparan droplet hingga 96 persen. Face Shiled juga mampu untuk mengurangi kontaminasi permukaan respirator sebesar 97 persen.

“Namun, face shield tidak dapat menghalangi keluarnya droplet saat kita batuk karena terdapat ruang yang cukup lebar antara mulut pemakai dengan lapisan face shield,” ucap Esper.

Kelebihan Face Shield
Menggunakan masker sebagai alat pelindung diri, memang membuat diri kita mudah merasa gerah dan serta membuat kita lebih susah untuk menghirup oksigen. Sebaliknya, pemakaian face shield justru membuat diri lebih mudah untuk menghirup oksigen dan tidak mudah merasa gerah dan panas.

“Memakai face shield memang membuat kita lebuh mudah mendapatkan udara segar daripada memakai masker,” ucap Esper.

Selain itu, face shield juga membantu memudahkan kita untuk berbicara sambil memperlihatkan wajah saat berinteraksi dengan lawan bicara. Memakai face shield juga tidak membuat kacamata berembun sehingga pengguna tetap nyaman meski memakai kacamata.

Face shield sendiri, juga ajuh lebih mudah untuk dibersihkan daripada memakai masker. Untuk membersihkannya, face shield cukup dilap menggunakan tisu anti bakteri (anti bacterial) atau menggunakan lap yang telah dibasahi sabun dan air.

Kekurangan Face Shield
Petugas kesehatan, umumnya menggunakan face shield dan masker secara bersamaan. Namun enurut Esper, tidak perlu mengenakan keduanya secara bersamaan.

“Untuk aktiivtas sehari-hari, kita tidak perlu memakai face shield dan masker secara bersamaan. Yang terpenting adalah melakukan physical distancing agar manfaat face shield ini bisa kita dapatkan secara maksimal,” ucap Esper.

 

Reporter : Diaz Aditya Pratama
Editor : Sulha Handayani