Netral English Netral Mandarin
banner paskah
09:22wib
Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Inspektur Jenderal Istiono bakal memberi sanksi dua kali lipat kepada personelnya yang kedapatan meloloskan pemudik pada 6-17 Mei 2021 mendatang. Presiden Joko Widodo meminta semua anggota Kabinet Indonesia Maju dan pimpinan lembaga tinggi negara untuk tidak mengadakan acara buka puasa bersama di tengah pandemi virus corona (Covid-19).
Layani Masyarakat, Ini Gebrakan Mensos Risma pada UPT Kemensos di Daerah 

Jumat, 05-Maret-2021 18:15

Mensos Risma meresmikan Sentra Kreasi Atensi Kartini Temanggung, Jum'at (5/03/2021)
Foto : Kemensos
Mensos Risma meresmikan Sentra Kreasi Atensi Kartini Temanggung, Jum'at (5/03/2021)
27

TEMANGGUNG, NETRALNEWS.COM - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini kembali menekankan pentingnya kementerian meningkatkan layanan lebih luas kepada masyarakat. Untuk keperluan itu, dia berharap Unit Pelayanan Teknis (UPT) milik Kemensos bisa melayani berbagai keperluan masyarakat. 

Ke depan, Mensos berharap, UPT Kemensos di berbagai daerah bisa melayani berbagai kebutuhan masyarakat. Seperti bila masyarakat yang merasa belum menerima bantuan, bisa mengadu ke balai. Balai juga menyiapkan ambulan untuk keperluan masyarakat yang membutuhkan bantuan.

"Jadi kalau ada balai netra, tidak hanya netra saja. Tapi juga bisa lansia dan sebagainya. Nanti akan diaktifkan semacam call center. Lalu ada mobil jenazah yang nanti bisa membantu masyarakat yang membutuhkan, " kata Mensos Risma. 

Pernyataan itu disampaikan Mensos Risma saat meresmikan Sentra Kreasi Atensi Balai Besar Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Intelektual (BBRSPDI) “Kartini” Temanggung, Jumat (5/3/2021).

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Bupati Temanggung Muhammad Al Khadziq, anggota Komisi VIII DPR, anggota DPD RI,  pejabat Eselon 1 dan 2 di lingkungan Kemensos. 

Mensos tidak ingin, masyarakat kurang mampu yang keluarganya meninggal harus membawa-bawa jenazahnya dengan motor karena tidak mampu menyewa ambulans. Balai juga diharapkan bisa membantu masyarakat yang mengadu kenapa bansos nya tidak cair. 

Atau fungsi dan peran lain dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat kurang mampu dengan pembinaan vokasi dan wirausaha seperti pendirian Sentra Kreasi Atensi (SKA) di Bekasi dan kini di Temanggung. Di Temanggung, ia mendorong penambahan jenis usaha yakni loundry. 

Pada kesempatan itu, Risma menyatakan, sebelum dua SKA tersebut,  Kemensos sudah memberdayakan lima anak yang tergantung Napza di Mojokerto, Jawa Timur. Mereka atas kemauan sendiri mengelola kafe yang kini makin ramai pelanggan. 

Mensos berharap dengan memperluas jenis layanan, akan lebih banyak anggota masyarakat yang membutuhkan yang akan terlayani. Dalam kesempatan berbeda sebelumnya, Risma juga menyatakan pentingnya perluasan peran balai. 

Kemensos menyadari benar besarnya tantangan menghadapi situasi terkini yang tengah menghadapi Pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung lebih dari setahun dan belum pasti kapan akan berakhir.

Salah satu dampak pandemi adalah banyak masyarakat yang kehilangan tempat tinggalnya.

"Ini kami berikan solusinya dengan membuat Rusunawa untuk tempat tinggal para eks pemulung dan tuna wisma, serta membuka lapangan kerja melalui Sentra Kreasi ATENSI,” kata Mensos.

Dia juga menyebutkan setelah adanya pandemi Covid-19, banyak pemulung dan tunawisma rentan terpapar lantaran tidak memiliki tempat tinggal. 

“Kami berikan solusinya dengan membuat Rusunawa untuk tempat tinggal para eks pemulung dan tuna wisma, serta membuka lapangan kerja melalui Sentra Kreasi ATENSI,” katanya.

Dia memastikan akan secara bertahap menyusun perubahan fungsi UPT Kemensos melalui peraturan menteri. Selain itu, dia juga akan berkoordinasi dengan kementerian terkait termasuk Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sesmawati