Netral English Netral Mandarin
banner paskah
06:56wib
Isu reshuffle kabinet kian mengemuka pasca rencana penggabungan Kemenristek ke dalam Kemendikbud. Satgas Penanganan Covid-19 memastikan pengembangan vaksin Merah Putih tetap berjalan dan tidak terpengaruh peleburan Kemenristek dengan Kemendikbud.
Kutuk Aksi Bom Bunuh Diri di Katedral Makassar, Ketua DPR: Usut Tuntas Hingga Akar-akarnya!

Senin, 29-Maret-2021 07:20

Ketua DPR Puan Maharani
Foto : Istimewa
Ketua DPR Puan Maharani
5

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Ketua DPR Puan Maharani mengutuk keras aksi pelaku bom bunuh diri di Gereja Katedral Makassar, Sulawesi Selatan.

"Di tengah upaya penanggulangan pandemi masih saja ada pihak yang melakukan aksi teror," kata Puan dalam keterangan tertulisnya, Minggu (28/3/2021).

Menurut Puan, kejadian itu menjadi bukti bahwa jaringan teroris masih ada dan dapat mengancam stabilitas negara kapan saja. "Bukti kelompok teroris masih ada dan tidak kenal waktu," ungkapnya.

Karenanya, Puan meminta aparat kepolisian mengusut tuntas pelaku, dalang, dan motif di balik aksi bom bunuh diri itu. "Kami meminta aparat kepolisian mengusut tuntas aksi teror ini hingga ke akar-akar jaringannya," tegas politisi PDIP itu.

Lebih lanjut, Puan menghimbau agar masyarakat tidak terprovokasi aksi teror yang melukai perikemanusiaan itu. "Saya mengimbau umat beragama tetap tenang, jaga kerukunan, jangan terpengaruh provokasi teroris," pungkasnya.

Sebelumnya, ledakan bom bunuh diri terjadi di depan Gereja Katedral Makassar, Minggu (28/03/2021) sekitar pukul 10.30 WITA. Pada saat kejadian, jemaat tengah beribadah di dalam gereja.

Menko Polhukam Mahfud MD menyebut, dua orang diduga pelaku bom bunuh diri tewas dalam peristiwa itu. Sementara 20 orang lainnya yang terdiri dari masyarakat dan petugas keamanan gereja luka-luka.

"Peristiwa ini sampai sekarang mengakibatkan dua orang yang diduga pelaku bom bunuh diri tewas serta 20 orang masyarakat dan petugas keamanan Gereja Katedral luka sehingga mereka dirawat di berbagai rumah sakit," kata Mahfud, Minggu (28/3/2021). 

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Sesmawati