Netral English Netral Mandarin
banner paskah
11:12wib
Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Inspektur Jenderal Istiono bakal memberi sanksi dua kali lipat kepada personelnya yang kedapatan meloloskan pemudik pada 6-17 Mei 2021 mendatang. Presiden Joko Widodo meminta semua anggota Kabinet Indonesia Maju dan pimpinan lembaga tinggi negara untuk tidak mengadakan acara buka puasa bersama di tengah pandemi virus corona (Covid-19).
Kunker ke AS, Ini Misi yang Dibawa Mendag Lutfi

Minggu, 28-Maret-2021 21:00

Menteri Perdagangan M. Lutfi melakukan pertemuan secara virtual dengan beberapa pengusaha dalam kunjungan kerja ke AS.
Foto : Kementerian Perdagangan.
Menteri Perdagangan M. Lutfi melakukan pertemuan secara virtual dengan beberapa pengusaha dalam kunjungan kerja ke AS.
6

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Menteri Perdagangan RI Muhammad Lutfi melakukan kunjungan kerja ke Washington DC, Amerika Serikat (AS) untuk memperkuat hubungan dagang Indonesia dan AS. Kunjungan kerja tersebut dijadwalkan berlangsung pada 24—28 Maret 2021.

“AS merupakan salah satu mitra dagang penting bagi Indonesia. Begitu pula Indonesia yang merupakan mitra dagang penting bagi AS. Total perdagangan kedua negara pada 2020 mencapai USD 27,2 miliar dengan surplus bagi Indonesia sebesar USD 10,04 miliar. Hubungan kedua negara perlu terus diperkuat dan ditingkatkan sehingga potensi perdagangan dapat terus tumbuh dan investasi AS di Indonesia dapat semakin meningkat,” ujar Mendag Lutfi dalam keterangan resminya kepada media, Minggu (28/3/2021).

Mendag Lutfi menyampaikan produk-produk yang menyumbang pertumbuhan positif perdagangan kedua negara antara lain elektronik, hasil laut, furnitur, perhiasan, dan produk kimia. AS juga merupakan 10 besar investor Indonesia. Nilai investasi AS ke Indonesia pada 2020 tercatat mencapai USD 480,1 juta.

Sejumlah pertemuan dilakukan dalam rangkaian kegiatan kunjungan kerja tersebut. Salah satunya adalah pertemuan Mendag Lutfi dengan United States Trade Representative (USTR) yang baru dilantik, Duta Besar (Dubes) Katherine Tai secara virtual pada Kamis (25/3) waktu Washington DC. Keduanya membahas upaya memperkuat hubungan dagang Indonesia–AS dan mendorong pemulihan ekonomi kedua negara melalui perdagangan.

Mendag Lutfi menyampaikan, di era kolaborasi ini ia siap bekerja sama dengan Dubes Tai untuk menumbuhkan perdagangan yang berkesinambungan, terbuka, dan adil; serta mendorong peningkatan investasi AS ke Indonesia.

“Kami membahas berbagai upaya peningkatan kerja sama perdagangan, baik di tingkat bilateral, regional, hingga multilateral untuk mendorong pemulihan ekonomi kedua negara pasca-Covid-19. Kami pun sepakat akan terus meningkatkan kerja sama Indonesia–AS yang lebih erat di berbagai bidang dengan semangat dan perspektif baru,” ungkap Mendag.

Di Amerika, Mendag Lutfi juga mengadakan pertemuan virtual dengan anggota dan dewan penasihat The United States-Indonesia Society (USINDO). Pertemuan dibuka Presiden USINDO, David Merrill. Turut hadir dalam pertemuan tersebut Acting Assistant Secretary of Secretary of State for East Asia and Pacific Affairs, Dubes Sung Kim.

Sejumlah hal disampaikan Mendag Lutfi, antara lain tantangan di masa depan dan kerja sama yang dapat dilakukan kedua negara untuk mendorong pemulihan ekonomi pasca-Covid-19. Sementara itu, USINDO menyampaikan terima kasih atas kepemimpinan Mendag Lutfi sebagai Dubes RI untuk AS dan memberikan selamat atas penugasan baru sebagai Menteri Perdagangan.

 

Reporter : Dimas Elfarisi
Editor : Irawan HP