Netral English Netral Mandarin
banner paskah
18:01wib
Isu reshuffle kabinet kian mengemuka pasca rencana penggabungan Kemenristek ke dalam Kemendikbud. Satgas Penanganan Covid-19 memastikan pengembangan vaksin Merah Putih tetap berjalan dan tidak terpengaruh peleburan Kemenristek dengan Kemendikbud.
Kritik Kerumunan Jokowi di NTT, Elit PKS: Warga Mencontoh Pemimpinnya? 

Kamis, 25-Februari-2021 01:18

Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera
Foto : DPR.goid
Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera
13

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera mengomentari kerumunan warga saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Maumere, Kabupaten Sikka, NTT, Selasa (23/2/2021) kemarin.

Menurut Mardani, pihak Istana harusnya bisa mengantisipasi potensi terjadinya kerumunan dalam kunjungan kerja Presiden. Apalagi kegiatan Presiden Jokowi yang menyebabkan kerumunan warga bukan pertama kali terjadi.

"Ini bukan yang pertama pak @jokowi bagi-bagi souvenir atau nasi kotak yang menimbulkan kerumunan. Sebelumnya bagi-bagi nasi kotak, kemarin bagi-bagi souvenir. Jika itu sudah dipersiapkan di mobil, namanya bukan spontanitas," tulis Mardani di akun Twitternya, Rabu (24/2/2021).

"Harusnya istana bisa antisipasi dalam kunker ada potensi kerumunan," sambungnya.

Mardani mengungkapkan, Jokowi pernah kecewa dan marah dengan beragam kebijakan penanganan wabah virus corona yang tidak efektif sehingga jumlah pasien positif Covid-19 terus bertambah. Namun di satu sisi, lanjutnya, Presiden beberapa kali kegiatan Presiden Jokowi justru menimbulkan kerumunan.

"Presiden kecewa dan marah karena PPKM/PSBB tidak efektif, kasus terus naik. Karena daerah kurang tegas sehingga masyarakat kurang patuh protokol kesehatan. Tapi beberapa kali presiden menyebabkan kerumunan, warga mencontoh pemimpinnya?" terangnya.

Terkait hal itu, Anggota Komisi II DPR ini menyebut bahwa Presiden Jokowi sebagai pemimpin seharusnya bisa menjadi teladan dari pelaksanaan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

"Masyarakat membutuhkan keteladanan dan komitmen pemimpinnya. Ini masalah kita bersama, tiap pemimpin mesti menjadi contoh penerapan protokol kesehatan," pungkas @MardaniAliSera.

Sebelumnya, Presiden Jokowi disambut oleh kerumunan warga saat kunjungan kerja ke NTT, Selasa (23/2/2021). Warga dengan antusias mengerubungi rombongan mobil kepresidenan yang baru tiba di Maumere, Kabupaten Sikka, NTT.

Momen kerumunan warga menyambut kedatangan Jokowi itu terekam dalam sebuah video yang beredar luas di media sosial. Dalam video itu terlihat Jokowi melambaikan tangan menyapa warga hingga melemparkan souvenir dari atas mobil yang kemudian disambut riuh masyarakat. Presiden juga tampak mengingatkan warga untuk menggunakan masker.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Nazaruli