Netral English Netral Mandarin
banner paskah
12:49wib
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem mulai Rabu (14/4) hingga Kamis (15/4). Cuaca ekstrem ini diakibatkan Siklon Tropis Surigae. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyebut semua komponen utama yang digunakan dalam pengembangan Vaksin Nusantara diimpor dari Amerika Serikat.
Konflik Demokrat, FH: Bukan Pertarungan AHY, tapi SBY Vs Moeldoko

Sabtu, 06-Maret-2021 20:35

Politisi Ferdinand Hutahaean (FH)
Foto : Istimewa
Politisi Ferdinand Hutahaean (FH)
18

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Mantan politisi Partai Demokrat, Ferdinand Hutahean (FH) menanggapi sebuah judul disebuah portal berita "Konflik Dua Purnawirawan di Demokrat: Mayor Vs Jenderal"

Konflik dua purnawirawan yang dimaksud adalah pertarungan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan Moeldoko. AHY dengan pangkat terakhir Mayor, sementara Moeldoko bintang 4 atau jendral.

Ferdinand mengatakan konflik yang terjadi bukan antara AHY dan Moeldoko, tetapi antara SBY vs Moeldoko.

"Salah, Bukan konflik Mayor vs Jendral, tapi Jendral vs Jendral, SBY vs MOELDOKO," kata Ferdinand dalam akun Twitternya.

"Faktanya SBY yg didepan dan menyatakan perang..!" lanjut dia.

Diketahui Partai Demokrat menghadapi masalah serius setelah sejumlah pendiri dan mantan pengurus nekat menggelar Kongres Luar Biasa (KLB) di Hotel The Hill Sibolangit, Deli Serdang, Jumat (5/3/2021).

Adalah Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko yang lahir sebagai ketua umum lewat KLB yang diklaim berjalan sesuai AD/ART partai. Meski, Partai Demokrat yang sah memastikan seluruh pengurus loyal pada AHY.

Kesediaan Moeldoko jadi Ketum Demokrat versi KLB Sumut menggugurkan pernyataannya selama ini yang menyebut kisruh 'kudeta' di Demokrat sebagai isu internal, sehingga ia tak ikut-ikutan. AHY menyatakan secara terang benderang, Moeldoko terlibat.

Menurut AHY, apa yang dilakukan Moeldoko jauh dari nilai moral dan etika politik. Putra SBY itu mengingatkan dia dan Moeldoko adalah purnawirawan TNI meski dengan pangkat jauh berbeda.

"Saya juga dulu adalah prajurit. Beliau juga adalah prajurit. Dalam keprajuritan menghormati senior wajib dilakukan. Tapi dari para senior pula saya mendapatkan pelajaran tidak semuanya bisa menjadi contoh yang baik," kata AHY.

Pangkat terakhir AHY adalah mayor, sebelum memutuskan terjun ke dunia politik pada 2017. Sementara, Moeldoko merupakan pensiunan militer dengan pangkat paripurna, jenderal bintang 4 usai jadi Panglima TNI pilihan SBY.

Reporter : Wahyu Praditya P
Editor : Sesmawati