Netral English Netral Mandarin
08:33wib
Hasil survei Indonesia Political Opinion (IPO) menunjukkan bahwa lebih dari 90 persen masyarakat setuju sekolah dan rumah ibadah dibuka kembali meski masih di tengah kondisi pandemi corona. Data pengguna Facebook yang mencapai 533 juta, baru-baru ini dikabarkan telah dicuri hacker. Facebook menyatakan, tak akan memberi tahu data siapa saja yang telah dicuri.
Kemensos Serahkan Santunan untuk Ahli Waris dan Terdampak Longsor Pamekasan

Minggu, 28-Februari-2021 08:25

Bantuan terhadap para korban disalurkan oleh Bhayangkari Cabang Pasean yang langsung diterima oleh pengasuh KH. Muhaidi, Pondok Pesantren Ponpes Annidhomiyah Dampak di Dusun Jepun Ds. Bindang Kec. Pas
Foto : Kemensos
Bantuan terhadap para korban disalurkan oleh Bhayangkari Cabang Pasean yang langsung diterima oleh pengasuh KH. Muhaidi, Pondok Pesantren Ponpes Annidhomiyah Dampak di Dusun Jepun Ds. Bindang Kec. Pas
14

PAMEKASAN, NETRALNEWS.COM –  Kementerian Sosial (Kemensos) melakukan penanganan pasca terjadi bencana longsor di seluruh Indonesia. Salah satunya di Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur.

Kemensos melalui Direktorat Penanganan Sosial Korban Bencana Alam (PKSBA) melaporkan kronologis kejadian yang diawali dengan turun hujan lebat pukul 00.45 Wib pada Rabu (24/2/2021) dini hari.

Dampak hujan lebat tersebut yang mengakibatkan bencana tanah longsor sekitar 70 meter Ponpes Annidhomiyah Dampak di Dusun Jepun Ds. Bindang Kec. Pasean, Kabupaten Pamekasan. 

Tercatat ada 5 orang tewas, yaitu: 

1. Robiatul Adwiyah, 14 tahun, beralamat di Desa Poreh Kec. Karampenang Sampang;

2. Santi, 14 tahun, beralamat di Ds. Dukoh Mencek Kec. Sukorambi Kab. Jember;

3. Nabila 12 thn. Alamat Dsn. Sempong Barat Kec. Pasongsongan Kab. Sumenep;

4. Nur Asisah, 13 tahun, beralamat Ds. Dukoh Mencek Kec. Sukorambi Kab. Jember; 

5. Siti Komariyah, 17 tahun,  beralamat di Ds. Palampang Kec. Sumber Jambi, Kab. Jembe. 

Juga, 1 korban patah tulang yaitu Nurul Komariyah, 15 tahun, beralamat di Ds Gunung Kec. Sumber Jambi Malang Kab. Jember; serta 1 korban selamat  Tia Muharrommah beralamat di Dusun Mojang Ds. Dempo Timur Kec. Pasean Kab. Pamekasan. 

Selain terdapat korban tewas, patah tulang dan selamat, juga bencana tanah longsor mengakibatkan 2 lokal bangunan Pondok Putri Rusak parah, serta 1 unit mushola mengalami kerusakan ringan. 

Kemensos memberikan santunan terhadap para ahli waris dan korban luka dengan total Rp 85 juta, dengan sebagai berikut rincian Rp 15 juta x 5 ahli waris Rp 75 juta dan santuan bagi korban luka Rp 5 juta x 2 orang Rp 10 juta.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sesmawati