Netral English Netral Mandarin
banner paskah
17:47wib
Isu reshuffle kabinet kian mengemuka pasca rencana penggabungan Kemenristek ke dalam Kemendikbud. Satgas Penanganan Covid-19 memastikan pengembangan vaksin Merah Putih tetap berjalan dan tidak terpengaruh peleburan Kemenristek dengan Kemendikbud.
Kemenkes Lakukan Proses Pengkinian Aplikasi Allrecord TC19

Jumat, 19-Februari-2021 16:55

Aplikasi allrecord TC19
Foto : Kementerian Kesehatan
Aplikasi allrecord TC19
7

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) tengah melakukan proses pengkinian aplikasi allrecord TC19, terhitung mulai tanggal 15 Februari 2021 hingga saat ini. Tujuannya, kemampuan kinerja aplikasi untuk pencatatan dan pelaporan tes COVID-19.

Proses pemeliharaan sistem sampai dengan saat ini masih berlangsung. Sehingga selama proses tersebut berlangsung, pengguna aplikasi mengalami hambatan dalam melakukan akses ke aplikasi tersebut.

Kepala Pusat Data dan Informasi Kemenkes Anas Maruf MKM mengatakan, akibat allrecord-TC19 tidak bisa diakses oleh pengguna (Fasyankes, laboratorium dan Dinas Kesehatan), maka data kasus konfirmasi, kasus sembuh dan kasus meninggal dilaporkan secara berjenjang secara manual. 

"Sedangkan data Jumlah spesimen yang diperiksa, jumlah orang yang diperiksa dan jumlah hasil negatif pemeriksaan RT-PCR yang biasanya diambil dari allrecord-TC19 Tidak ada data. Sehingga tidak bisa dihitung positivity rate," kata dia.

Kementerian Kesehatan sendiri tidak mengeluarkan angka positivity rate harian tanggal 17 Februari 2021 sebagaimana yang saat ini beredar.

“Diharapkan proses pemeliharaan aplikasi dapat segera selesai dan aplikasi berjalan normal sehingga bisa digunakan kembali oleh pengguna,” tambah Anas.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Nazaruli