Netral English Netral Mandarin
banner paskah
23:44wib
Pemerintah kembali memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berskala mikro. Kebijakan ini diperpanjang selama 14 hari, terhitung sejak 20 April. Komite Eksekutif UEFA meresmikan format baru untuk kompetisi Liga Champions yang akan mulai digunakan pada musim 2024/2025.
Kemenkes Kembali Raih Penghargaan Contact Center World 

Rabu, 03-Maret-2021 12:50

Sekretaris Jenderal Kemenkes drg Oscar Primadi.
Foto : Kemenkes
Sekretaris Jenderal Kemenkes drg Oscar Primadi.
23

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) kembali mendapat penghargaan Contact Center World (CCW) untuk kategori Best Technology Innovation sektor Government, yang diumumkan secara daring, 26 Februari 2021. 

Peraihan Gold Medal ini di dapat dari mengikuti ajang kompetisi dan konferensi daring Contact Center World Top Ranking Performers Competition tahun 2020 untuk tahap akhir tingkat dunia (CCW World Level Year 2020).

Sekretaris Jenderal Kemenkes drg Oscar Primadi, MPH mengucapkan rasa terima kasihnya atas penghargaan yang diberikan. Capaian ini merupakan tolak ukur, amanah sekaligus tantangan yang harus terus dijaga dan ditingkatkan agar lebih baik lagi.

“Saya turut senang dengan capaian ini, penghargaan yang telah kita raih merupakan buah manis dari kerja keras Kementerian Kesehatan khususnya Birokomyanmas. Raihan ini tentunya menjadi amanah dan tantangan bagi kami agar lebih baik dalam berkreasi ke depannya. Sekali lagi saya sampaikan terima kasih,” katanya, dilansir dari laman Kemenkes, Rabu (3/3/2021).

Sebelum pencapaian ini, Kemenkes telah memulai proses dengan melakukan inovasi internal dan mengajukan ide inovasi tersebut dengan mendaftar pada Contact Center World 2020 seleksi kuesioner di semester pertama tahun 2020 dan lolos sebagai Finalist serta menorehkan prestasi sebagai pemenang Gold Medal Winner and Rank #1 kategori “Best Practice Technology Innovation Contact Center di tingkat Asia Pasifik Oktober 2020.

Penghargaan serupa juga pernah diraih Kemenkes di tahun 2019 dengan ide inovasi yang berbeda. Pencapaian ini memicu Kemenkes melakukan beragam perencanaan dan kegiatan out of the box untuk mendukung layanan kesehatan masyarakat Indonesia, terutama fokus pada masa pandemi ini.

Konferensi dan kompetisi antara Contact Center berbagai negara diselenggarakan oleh Contact Center World ini dilakukan secara daring dari tanggal 8- 11 Februari 2021, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia diwakili oleh Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat drg. Widyawati, MKM.

Birokomyanmas dalam video presentasinya membawakan Innovation Case berjudul “Think Out of the Screen To provide HELP”. Widyawati dalam presentasi tersebut menggambarkan latar belakang, apa yang sudah dilaksanakan dan beragam rencana mendukung masyarakat dalam menghadapi dan melewati masa pandemi covid 19 ini.

Selain itu, Birokomyanmas juga menyampaikan pengenalan beberapa kegiatan dan aplikasi yang mendukung Layanan Telehealth dalam kerangka call center Halo Kemenkes 1500567. Artinya, contact center ini berusaha membuka pintu kemudahaan akses bagi masyarakat terutama melalui digital di masa pandemi dengan berbagai cara pengaduan, melalui chat, telepon, sms, faksimili dan email.

Guna mendukung layanan call center Halo Kemenkes 1500567, Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes sudah melaksanakan beragam kegiatan yang mengoptimalkan layanan kepada masyarakat, seperti menyusun standar pelayanan publik di lingkungan Kemenkes, kompetisi layanan Call Center pada layanan publik Kementerian Kesehatan, serta mendorong kerjasama dan koordinasi antar lembaga, pusat dan daerah sehingga memudahkan masyarakat mendapatkan akses layanan kesehatan pada masa pandemi ini.

Layanan Contact Center Halo Kemenkes 1500 567 pada masa pandemi COVID-19 ini telah berperan sebagai salah satu pilar utama komunikasi, edukasi dan pengaduan masyarakat dalam upaya menghambat laju penyebaran COVID-19 dan kelancaran pelayanan kesehatan masyarakat Indonesia .

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Nazaruli