Netral English Netral Mandarin
banner paskah
02:31wib
Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan menggunakan 17 titik periksa yang sebelumnya disiapkan untuk pengamanan mudik sebagai pos pemeriksaan Surat Izin Keluar-Masuk. Dua hari ke depan diperkirakan akan terjadi lonjakan masyarakat yang nekat mudik Idulfitri 2021.
Pemerintah Gandeng Facebook untuk Memastikan Masyarakat Aman Belanja Online

Kamis, 22-April-2021 23:15

Ilustrasi belanja onlline.
Foto : e-millenium
Ilustrasi belanja onlline.
7

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Kementerian Perdagangan melalui Direktorat Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga  (PKTN) menggandeng platform media sosial yaitu Facebook untuk mengedukasi masyarakat seputar kiat  aman berbelanja secara online. 

“Facebook bekerja sama dengan Kemendag akan memeriksa profil atau postingan yang terindikasi melakukan penipuan, menjual barang ilegal, maupun melanggar peraturan perdagangan lainnya secara teliti,” ujar Direktur Jenderal PKTN Veri Anggrijono, di Jakarta, Kamis (22/4/2021).

Kolaborasi ini, kata Veri, sejalan dengan komitmen Kemendag dalam menjaga keamanan dan pengalaman konsumen Indonesia saat berbelanja, terutama di lingkungan online. 

“Konsumsi masyarakat merupakan salah satu komponen yang substansial.  Oleh sebab itu, penting bagi konsumen untuk mendapatkan perlindungan dan dukungan penuh dari platform perdagangan elektronik sehingga dapat bertransaksi secara aman, nyaman, dan lebih percaya diri,” kata Veri.

Sementara  itu, Kepala Kebijakan Publik untuk Facebook di Indonesia, Ruben Hattari mengungkapkan, pandemi telah mendorong terjadinya  percepatan adopsi digital masyarakat Indonesia dan membawa lebih banyak  keuntungan bagi mereka untuk berbelanja secara online. 

Namun demikian, kebiasaan normal baru tersebut  juga membawa tantangan  baru bagi  para  konsumen, salah satunya dalam hal keamanan berbelanja secara online.

“Kami ingin mendorong para pelaku bisnis dan konsumen agar  paham ketentuan perdagangan, baik di layanan kami maupun peraturan yang berlaku di Indonesia. Kami berkomitmen untuk memastikan keamanan para pengguna saat bertransaksi online, dengan menunjukkan fitur-fitur serta tips yang dapat digunakan oleh seluruh  masyarakat  Indonesia agar  dapat  berbelanja secara  aman di Facebook,  Instagram, dan WhatsApp,” katanya.

 

Reporter : Dimas Elfarisi
Editor : Irawan HP