Netral English Netral Mandarin
banner paskah
18:47wib
Seorang anggota TNI AD berinisial DB luka-luka dan anggota kepolisian berinisial YSB tewas setelah diduga menjadi korban pengeroyokan oleh orang tak dikenal. Sebuah survei yang diinisiasi Lembaga Survei Indonesia (LSI) menemukan mayoritas pegawai negeri sipil (PNS) menilai tingkat korupsi di Indonesia meningkat.
Kebon Pala Kembali Terendam banjir

Jumat, 26-Februari-2021 15:40

Genangan banjir di Kebon Pala.
Foto : Antara Foto
Genangan banjir di Kebon Pala.
17

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Permukiman penduduk di kawasan Kebon Pala, Kampung Melayu, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, kembali terendam banjir dengan tinggi muka air berkisar satu meter, Jumat (26/2/2021).

"Ini gara-gara tengah malam tadi hujan deras sampai Subuh. Jam 06.00 WIB limpas ke sini," kata salah satu warga RT05 RW11 Kebon Pala, Rian Sofyan, di Jakarta.

Hingga Jumat siang ketinggian air masih bertahan  satu meter. Air merendam rumah penduduk hingga ke bagian dalam ruangan.

Banjir tersebut diakibatkan oleh luapan Kali Ciliwung yang berada di bagian belakang permukiman penduduk.

Sebelumnya, pada Kamis (25/2) malam Bendung Katulampa, Bogor, Jawa Barat, mengalami status siaga 3.

Selang tiga jam kemudian air kiriman dari Katulampa tiba di kawasan Kebon Pala dan meluap ke permukiman penduduk. Situasi itu diperparah dengan kondisi hujan deras.

Mayoritas warga memilih untuk bertahan di rumah mereka masing-masing setelah sejumlah petugas dari damkar dan kelurahan setempat mengerahkan mesin pompa untuk menyedot genangan.

Wilayah Kebon Pala kerap menjadi langganan banjir, kata Rian, sebab berada di bantaran sungai dengan elevasi lahan yang rendah.

Banjir sempat merendam rumah warga pada 19-21 Februari 2021 akibat pengaruh yang sama.

Warga sekitar berharap pemerintah segera melakukan normalisasi sungai dan penguatan tanggul sebagai solusi mengatasi banjir di wilayah setempat.

Reporter : Widita Fembrian
Editor : Widita Fembrian