Netral English Netral Mandarin
banner paskah
20:17wib
Seorang anggota TNI AD berinisial DB luka-luka dan anggota kepolisian berinisial YSB tewas setelah diduga menjadi korban pengeroyokan oleh orang tak dikenal. Sebuah survei yang diinisiasi Lembaga Survei Indonesia (LSI) menemukan mayoritas pegawai negeri sipil (PNS) menilai tingkat korupsi di Indonesia meningkat.
Soal Keteraturan dan Taat Hukum, Menag: Umat Katolik Bisa Jadi Contoh Bagi Umat-umat Lain

Sabtu, 30-January-2021 13:00

Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Agama.
Foto : kemenag.go.id
Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Agama.
19

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Umat Katolik adalah umat yang teratur dan taat hukum. Ini adalah salah satu karakter umat Katolik yang diungkapkan Kardinal Ignatius Suharyo Hardjoatmodjo saat bertemu Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas di Gereja Katedral, Jakarta pekan lalu. 

Menag menyampaikan hal ini saat memberikan pembinaan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Katolik, di Auditorium HM Rasjidi, Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Jumat kemarin.

"Saat saya bertemu dengan Kardinal Suharyo, beliau menyampaikan, bahwa umat Katolik adalah umat yang teratur dan taat hukum. Kami memiliki sistem tersendiri yang dapat mencegah umat Katolik melanggar hukum, begitu kata Kardinal," papar Menag Yaqut seperti dikutip dari laman resmi Kemenag, Sabtu (30/1/2020). 

"Saya jawab saat itu, wah kalau memang seperti itu  maka biarlah umat Katolik menjadi contoh bagi umat-umat yang lain untuk masalah ketertiban dan taat hukum," imbuh Menag. 

Menag pun  berharap karakter semacam ini juga dimiliki jajaran ASN Bimas Katolik. 

"Sehingga saya yakin, kalau ini diterapkan, maka tidak akan ada lagi pelanggaran hukum seperti korupsi dalam penyelenggaraan negara," kata Menag. 

Pembinaan ASN di lingkungan Ditjen Bimas Katolik ini diikuti oleh ratusan peserta secara luring dan daring. Tampak hadir secara langsung, Dirjen Bimas Katolik Yohanes Bayu Samodro beserta pejabat eselon II dan III di lingkungan Bimas Katolik.

Sementara, para pejabat Bimas Katolik di lingkungan Kanwil dan lembaga pendidikan, mengikuti jalannya pembinaan melalui sambungan videoconference. 

Reporter : Irawan HP
Editor : Irawan HP