Netral English Netral Mandarin
banner paskah
08:57wib
Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberi peringatan kepada sembilan provinsi untuk bersiap siaga dari potensi hujan petir disertai angin kencang yang akan terjadi hari ini. Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menambah jalur yang bakal disekat oleh kepolisian selama masa larangan mudik Lebaran pada 6 hingga 17 Mei 2021 mendatang.
Kapolri Bebaskan HRS Jika Ingin Dicintai Islam, EK: Rizieq Cuma Pentolan Ormas Terlarang, Ga Berhubungan dengan Agama

Jumat, 29-January-2021 23:05

Habib Rizieq Shihab saat di Mapolda Metro Jaya.
Foto : Antara
Habib Rizieq Shihab saat di Mapolda Metro Jaya.
1

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Pegiat media sosial Eko Kuntadhi menyindir Novel Bamukmin yang menyarankan Kapolri baru Jendral Listyo Sigit Prabowo untuk membebaskan Habib Rizieq Shihab jika ingin dicintai Islam. Menutut Eko, Novel dan HRS tidak ada bedanya, hanya pentolan ormas terlarang yang tidak ada hubungannya dengan agama.

“Rizieq itu cuma pentolan Ormas terlarang. Gak ada hubungannya dengan agama. Kayak lu, Pel. Pake sorban dan ngomong ngelindur gak ada hubungannya dengan agama juga...” tulis Eko di akun Twitternya, Jumat (29/1/2021).

Sebelumnya, Wakil Sekjen Persaudaraan Alumni 212 (PA 212) Novel Bamukmin langsung menagih janji Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, sehari usai dilantik. Dia menagih janji soal menghilangkan istilah kriminalisasi ulama.

Menurut dia, jika itu benar-benar mau dilakukan, dia harus bisa membuktikannya pada sejumlah kasus yang menyeret ulama belakangan ini.

Sebut saja kasus yang dialami pentolan FPI Habib Rizieq, serta pendakwah Ustaz Maaher, dan Sugi Nur alias Gus Nur.

Dalam kasus-kasus yang menyangkut ulama itu, kata Novel, Kapolri harus menerbitkan Surat Perintah Penghentian Penyidikan (SP3).

“Kalau memang serius dengan komitmen ingin menghentikan kriminalisasi terhadap ulama, tentunya Kapolri yang baru dilantik saat ini bisa merealisasikan komitmennya,” ujar Novel dikutip Pojoksatu, Kamis 28 Januari 2021.

Walau awal sempat menolak, Novel kini mengaku tak mempermasalahkan agama Kapolri Listyo yang non muslim. Akan tetapi Novel berharap agar mantan Kapolda Banten itu membuat terobosan yang menjadi prioritas.

Yaitu dengan memprioritaskan kasus-kasus yang kini menyeret sejumlah ulama. Baginya, Kapolri saat ini harus berani membuat terobosan tepat agar bisa meraih simpati umat Islam.

“Caranya, dengan membebaskan IB HRS, Ustaz Maher, dan Gus Nur serta ulama lain saat ini mempunyai status belum SP3.”

 

Reporter : Dimas Elfarisi
Editor : Sesmawati